Tiba di Istana Merdeka, PM India Disambut Pasukan Nusantara

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Rabu, 30/05/2018 11:33 WIB
Tiba di Istana Merdeka, PM India Disambut Pasukan Nusantara Perdana Menteri India Narendra Modi disambut Pasukan Nusantara dalam kunjungan ke Istana Merdeka dan bertemu Presiden Joko Widodo. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Perdana Menteri India Narendra Modi di Istana Merdeka, Rabu (30/5) pagi ini. Lawatan kenegaraan Modi digelar dalam rangka menyambut 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-India tahun depan.

Puluhan anak sekolah berbusana adat sambil melambaikan bendera India dan Indonesia menyambut kehadiran PM Modi.

Dentuman meriam turut menyambut kehadiran Modi di halaman Istana Merdeka. Bersama Jokowi, PM India itu melakukan pengecekan pasukan.




Kedua pemimpin lalu menyambangi jajaran anak kecil di sana dan Modi menyalami anak-anak yang berada di barisan depan satu per satu.

"India. India," teriak anak-anak itu kepada Modi.

Jokowi kemudian mengajak PM Modi masuk ke Istana Merdeka dan menandatangani buku tamu. Keduanya melanjutkan acara dengan pertemuan empat mata di beranda Istana Merdeka.

Kedua kepala negara lalu menggelar pertemuan bilateral yang dihadiri bersama menteri terkait seperti Menko Polhukam Wiranto, Menlu Retno Marsudi, Mensesneg Pratikno, dan Seskab Pramono Anung.


Sebelumnya, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan dalam kunjungan ini Presiden Jokowi dan PM Modi bakal menandatangani sejumlah perjanjian kerja sama, salah satunya sektor pertahanan.

PM Modi juga akan berziarah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata dan menghairi Forum CEO Indonesia-India yang kedua. Pertemuan pertama digelar di New Delhi dalam lawatan Jokowi ke India pada 2016.

Kedatangan PM Modi merupakan kunjungan resmi pertama ke Indonesia sebagai balasan atas kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo ke India pada Desember 2016, dan saat menghadiri ASEAN-India Commemorative Summit pada Januari 2018.

Kunjungan PM Modi juga dilaksanakan dalam rangka menyambut peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-India pada 2019. Dari Indonesia, PM Modi bertolak menuju Malaysia lalu Singapura.

(nat)