Tiga Jam Diperiksa KPK, Netizen Komentari Pakaian Istri Najib

Riva Dessthania Suastha, CNN Indonesia | Selasa, 05/06/2018 17:27 WIB
Tiga Jam Diperiksa KPK, Netizen Komentari Pakaian Istri Najib Tiga jam diperiksa KPK Malaysia, istri eks PM Malaysia Najib Razak, Rosmah Mansor menjadi perhatian netizen karena pakaian yang dikenakannya. (REUTERS/Lai Seng Sin)
Jakarta, CNN Indonesia -- Netizen mengomentari pakaian yang dikenakan istri mantan Perdana Menteri Najib Razak, Rosmah Mansor, yang diperiksa selama kurang lebih tiga jam oleh Komisi Anti-Korupsi Malaysia (MACC) terkait dugaan skandal 1Malaysia Development Berhad (1MDB), Selasa (5/6).

Mengenakan baju tradisional kurung biru dan jilbab merah, Rosmah tiba di kantor MACC sekitar 10.45 waktu Kuala Lumpur.

Rosmah dilaporkan keluar sekitar pukul 15.40 sore waktu Kuala Lumpur. Dia tidak berbicara sepatah kata pun kepada media saat keluar dari kantor badan anti-rasuah itu.


Meski begitu, dua pengacara Rosmah, K Kumaraendran dan Geethan Ram Vincent, mengatakan mantan ibu negara tersebut telah bersikap kooperatif selama pemeriksaan berlangsung.


"MACC telah selesai meminta keterangan dari klien kami. Beliau [Rosmah] telah bersikap kooperatif sementara penyidik melakukan pemeriksaan dengan profesional," kata Kumaraendran seperti dikutip The Star.

Kedua pengacara enggan menjawab pertanyaan para wartawan mengenai substansi pemeriksaan Rosmah dan langsung meninggalkan gedung.

Rosmah menjadi perhatian publik Malaysia karena untuk pertama kalinya diperiksa MACC terkait skandal dugaan korupsi 1Malaysia Development Berhad (1MDB) yang menjerat suaminya.

Namun para netizen malah menyoroti pakaian dan aksesoris yang digunakan Rosmah hari ini, terutama tas merah yang ia kenakan.


Tas itu disebut-sebut buatan desainer dunia dengan harga selangit. Banyak wartawan berupaya mengidentifikasi merk dan kisaran harga tas itu saat Rosmah hendak memasuki gedung MACC.

Sebagian warganet Malaysia dengan mudah menerka merek tas gandeng Rosmah itu yang disebut buatan Versace, Italia. Tas mewah model Demetra itu dipatok seharga 10.000 ringgit atau setara Rp35 juta.

Selama ini, Rosmah memang dikenal memiliki gaya hidup glamor dan gemar berpelesir ke luar negeri untuk berbelanja. Perempuan 66 tahun itu dikenal senang bergonta-ganti tas mewah seharga puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Sedikitnya 434 tas mewah yang diyakini milik Rosmah pun ikut disita kepolisian Malaysia sebagai bagian dari penyelidikan 1MDB sekitar pertengahan Mei lalu.



Rosmah ikut diperiska MACC setelah sang suami disebut menggelapkan dana anak perusahaan 1MDB, SRC International Sdn Bdn, sebesar US$10,6 juta ke rekening pribadi.

Jutaan dolar itu disinyalir hanya bagian kecil dari sedikitnya US$700 juta uang negara yang disalahgunakan 1MDB, lembaga investasi pemerintah yang dibangun Najib saat berkuasa.

Sejauh ini, Najib telah diperiksa MACC sebanyak dua kali. Hingga kini MACC belum memutuskan penahanan Najib karena masih menunggu keterangan dari dua saksi penting.

[Gambas:Video CNN] (nat)