Sekjen PBB Harapkan Kesepakatan Denuklirisasi dari Trump-Kim

Riva Dessthania Suastha, CNN Indonesia | Selasa, 12/06/2018 13:29 WIB
Sekjen PBB Harapkan Kesepakatan Denuklirisasi dari Trump-Kim Sekjen PBB Antonio Guterres mengharapkan hasil konkret dari pertemuan Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un. ( Anthony Wallace/Pool via Reuters)
Singapura, CNN Indonesia -- Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres menyambut baik pertemuan bersejarah Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di Singapura, Selasa (12/6).

Guterres menekankan bahwa perlucutan senjata nuklir di Semenanjung Korea secara menyeluruh tetap harus menjadi fokus dan tujuan pertemuan kedua pemimpin.

Dalam jumpa pers di New York, Guterres memuji Trump dan Kim karena telah bersedia bekerja sama keluar dari "siklus berbahaya" terkait hubungan kedua negara.


"Dunia sedang mengamati momen yang sedang berlangsung di Singapura. Saya memuji karena kedua pemimpin mau mengejar solusi diplomatik," kata Guterres melalui pernyataan yang diterima CNNIndonesia.com, Selasa (12/6).


"Denuklirisasi damai dan terverifikasi tetap harus menjadi tujuan bersama kedua pemimpin."

Tak hanya denuklirisasi, Trump dan Kim diperkirakan juga membahas pemulihan hubungan AS-Korut, kesepakatan perdamaian yang bakal mengakhiri Perang Korea, juga penarikan pasukan AS dari Korea Selatan.



(nat)