BREAKING NEWS

Trump: Kim Jong-un Segera Melucuti Senjata Nuklir

Natalia Santi, CNN Indonesia | Selasa, 12/06/2018 15:38 WIB
Trump: Kim Jong-un Segera Melucuti Senjata Nuklir Presiden AS Donald Trump menyatakan pemimpin Korut Kim Jong-un berjanji untuk melucuti senjata nuklir sepenuhnya secepatnya, namun sanksi belum akan dicabut. (REUTERS/Jonathan Ernst)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Amerika Serikat Donald Trump konferensi pers seusai pertemuan dengan pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un di Hotel Capella, Pulau Sentosa, Singapura, Selasa (12/6).

Tanpa didampingi Kim Jong-un, Trump memaparkan bahwa mereka menyepakati denuklirisasi tuntas Korea Utara.

Menyebut pertemuannya produktif, langsung di bawah situasi yang sangat kuat, Trump menyatakan sejarah dan babak baru hubungan kedua negara telah terjalin.


Dia menyatakan seharusnya hal tersebut dilakukan sejak lama. Trump memaparkan bahwa dalam pertemuan Kim Jong-un menyampaikan bahwa mereka telah menghancurkan mesin utama yang menghasilkan nuklir dan akan terus melakukannya hingga tuntas.


"Dia akan segera mengimplementasikan kesepakatan segera setelah pulang," kata Trump.

Terkait mahasiswa AS yang akhirnya meninggal dunia setelah sempat ditahan di Korea Utara, Otto Warmbier, Trump menyebut bahwa salah satu pemicu pertemuan dengan Kim Jong-un adalah Otto.

"Dia adalah anak muda spesial, saya mengenal orang tuanya, mereka juga orang tua yang spesial," kata Trump.


Trump menyatakan Amerika Serikat belum akan menarik pasukannya dari Korea Selatan, namun akan menghentikan latihan perang bersama yang menurutnya telah memakan banyak biaya.


(asa)