FOTO: Kota Mati yang Dilahap Abu Gunung Fuego

Reuters, CNN Indonesia | Rabu, 13/06/2018 17:46 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Terkubur di bawah tumpukan abu gunung berapi Fuego adalah kota San Miguel Los Lates, Guatemala. Kini kota mati itu hanya menyisakan cerita masa lampau.

Seekor anjing berjalan melewati pohon yang daun-daunnya terselimuti abu letusan gunung berapi Fuego di San Miguel Los Lotes, kota Escuintla, Guatemala. Awal Juni ini, Guatemala didera salah satu bencana alam terparah dalam sejarah mereka. (REUTERS/Carlos Jasso)
Bebatuan vulkanis tersebar di area yang terkubur erupsi gunung berapi Fuego. Bencana gunung berapi itu terlambat diantisipasi oleh pemerintah Guatemala sehingga menyebabkan 110 tewas dan ribuan kehilangan rumah. Lebih dari 200 orang lainnya hingga saat ini belum ditemukan. (REUTERS/Carlos Jasso)
Kini San Miguel Los Lates bagaikan kota mati yang terkubur di bawah debu-debu tebal gunung berapi Fuego. Kehidupan penduduk pun terhenti seketika. (REUTERS/Carlos Jasso)
Bukan hanya manusia, tapi binatang dan hewan peliharaan pun banyak yang menjadi korban letusan gunung berapi tersebut. Suhu lahar vulkanis yang juga bercampur bebatuan diperkirakan mencapai lebih dari 1000 derajat celcius. (REUTERS/Carlos Jasso)
Gambar satelit yang diambil beberapa hari setelah letusan gunung Fuelgo menunjukkan separuh kota hancur karena letusan tersebut. Ada yang terkubur dan ada yang terkena hantaman batu. (REUTERS/Carlos Jasso)
Di tengah gemuruh suara gunung berapi yang bersiap-siap memuntahkan isi perut, banyak dari penduduk kota lebih memilih untuk tak mengungsi, berharap dewi keberuntungan yang menyertai mereka selama beberapa dekade akan melindungi. (REUTERS/Carlos Jasso)
Kini kota San Miguel Los Lotes hanya menyisakan cerita masa lampau para penduduknya. Barang-barang keseharian mereka yang tak sempat diselamatkan kini terselimuti debu. (REUTERS/Carlos Jasso)
Pakaian yang menggantung dan tertutup abu menunjukkan betapa penduduk kota tak bersiap sama sekali menghadapi gunung berapi tersebut. Banyak dari mereka yang bahkan masih menyantap makan siang sebelum abu panas menyerang pada sore hari. (REUTERS/Carlos Jasso)
Perabotan masak di dapur yang tertutup abu, lembaran-lembaran Alkitab yang tercecer terbawa abu panas, serta hewan ternak yang tergeletak mati di halaman rumah menjadi gambaran San Miguel Los Lates saat ini. (REUTERS/Carlos Jasso)
Puluhan ribu penduduk lain yang sempat menyelamatkan diri kini berjuang untuk membangun kehidupan baru mereka. (REUTERS/Carlos Jasso)