Viral, Netizen Sebut Tanda Tangan Kim Jong-un Seperti Roket

rgt & CNN Indonesia, CNN Indonesia | Jumat, 15/06/2018 10:14 WIB
Viral, Netizen Sebut Tanda Tangan Kim Jong-un Seperti Roket Komentar kocak para netizen di media sosial sebut tanda tangan Kim Jong-un seperti roket yang meluncur, Trump seperti coretan mesin deteksi kebohongan. (REUTERS/Jonathan Ernst)
Jakarta, CNN Indonesia -- Semua mata tertuju pada pertemuan bersejarah yang dilakukan Donald Trump dan Kim Jong-un di Singapura, Selasa (12/6). Tak hanya soal substansi pertemuan, hal-hal remeh-temeh pun diperhatikan. Termasuk tanda tangan, cara bicara, gerak tubuh, dan hal lainya yang dilakukan oleh kedua Pemimpin negara tersebut.

Lalu munculah sebuah foto Trump dan Kim menandatangi perjanjian. Di foto tersebut, tampak di sebelah kiri tanda tangan Trump semuanya besar, tebal, runcing dan seragam. Adapun tanda tangan Kim Jong-un menyerong ke kanan atas dan memiliki jarak yang jauh.

Foto tersebut pun tersebar luas di media sosial dan menjadi viral. Semua berkomentar tentang uniknya tanda tangan pemimpin Korut itu.




"Sepertinya roket kecilnya sendiri diluncurkan," tulis diposting salah satu akun Twitter, mengomentari cuitan berita yang dilansir wartawati Channel News Asia. Ada pula yang menyebutnya 'rudal yang jatuh'.


"Seperti rudal yang sedang melayang di udara sehabis ditembakan dari Hwasong-15."

Pun ada yang berani menyebut tanda tangan Kim Jong-un, seperti telapak kucing yang menginjak tinta dan berjalan di atas perjanjian tersebut.



@FriendzoneLayer, mengatakan tanda tangan Kim Jong-un "terlihat seperti perjanjian tersebut diletakkan di tempat yang susah dijangkau, sehingga Kim harus melompat-lompat untuk menandatangani perjanjian tersebut."

Tak hanya Kim Jong-un, tanda tangan Donald Trump tak luput dari komentar. Salah satunya, "Tanda tangan Trump terlihat seperti orang yang sedang berkumpul sementara Kim terlihat seperti peluncuran rudal."


Beberapa orang bahkan mengutip psikolog untuk mendapatkan penilaian yang lebih tepat soal karakter di balik tanda tangan Trump dan Kim Jong-un itu.

"Tanda tangan yang sulit diuraikan mengindikasikan seseorang sangat pribadi, sulit untuk dibaca dan mengerti. Tanda tangan Trump adalah salah satu contoh," kata salah satu Tweet.

"Kim Jong-un. Tulisan tangannya sedikit miring, dengan arah ke atas, yang menurut para ahli menunjukkan kepribadian yang penuh semangat dan egois. "



Tanda tangan Trump sendiri telah banyak dibedah sebelumnya oleh para ahli tulisan tangan dengan banyak yang mengatakan bahwa tulisan huruf besar, tebal, dan bersudut tajam mengungkapkan "kemarahan dan ketakutan", kurangnya empati dan tanda seseorang yang percaya dirinya sebagai "seorang pria yang besar seorang pria", yang "sangat membutuhkan kekuatan, gengsi dan hormat."

[Gambas:Video CNN]

Salah satu komentar bernada getir di Twitter menyebut tanda tangan Trump seperti garis-garis di mesin tes kebohongan. Ada pula yang menyebut tanda tangan Trump seperti 'Detak jantung Amerika yang terkena serangan jantung". (nat)