Arab Saudi Tangkal Rudal Houthi ke Jazan

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Senin, 18/06/2018 19:05 WIB
Arab Saudi Tangkal Rudal Houthi ke Jazan Ilustrasi. (REUTERS/Omar Sanadiki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Angkatan Udara Kerajaan Saudi berhasil mencegat rudal balistik yang ditembakkan oleh milisi Houthi yang didukung Iran dari Provinsi Saada, Yaman, menuju wilayah Jazan, Saudi.

Juru bicara Koalisi untuk Mengembalikan Legitimasi di Yaman, Kolonel Turki Al Malki, menjelaskan bahwa rudal itu mengarah ke Jazan. Dia menuduh rudal itu sengaja diluncurkan untuk menargetkan masyarakat sipil dan daerah berpenduduk.

Dikutip dari thenational.ae, rudal tersebut jatuh di daerah terpencil. Insiden tersebut hanya mengakibatkan luka ringan kepada seorang ekspatriat Pakistan.



"Tindakan berbahaya dilakukan milisi Houthi yang didukung Iran membuktikan keterlibatan berkelanjutan rezim Iran dalam mendukung milisi Houthi dengan kemampuan kualitatif dalam pelanggaran mencolok dan eksplisit dari dua resolusi PBB No. 2216 dan 2231 dengan tujuan mengancam keamanan. Kerajaan Saudi Arabia serta stabilitas regional dan internasional." kata Al Malki.

"Meluncurkan rudal balistik ke kota-kota dan desa-desa berpenduduk padat melanggar hukum kemanusiaan internasional," tambah Al Malki.

Arab Saudi dan koalisinya yang sebagian besar terdiri dari negara-negara Teluk Arab memutuskan terlibat dalam perang saudara di Yaman pada 2015. Sejak itu, Houthi telah melancarkan serangan rudal ke arah Saudi berulang kali.

(rgt/nat)