Komite Pemilu Turki Konfirmasi Kemenangan Erdogan

AFP, CNN Indonesia | Senin, 25/06/2018 07:37 WIB
Komite Pemilu Turki Konfirmasi Kemenangan Erdogan Presiden Recep Tayyip Erdogan dipastikan kembali memimpin Turki setelah memenangkan pemilu pada Minggu (24/6). (Reuters/Umit Bektas)
Jakarta, CNN Indonesia -- Komite pemilihan umum Turki mengonfirmasi kemenangan Recep Tayyip Erdogan dalam Pemilihan Umum Presiden yang digelar pada Minggu (24/6).

"Presiden Recep Tayyip Erdogan mendapatkan mayoritas absolut dari semua suara yang valid," ujar kepala Komite Pemilu Tertinggi (YSK), Sadi Guven, sebagaimana dikutip AFP, Senin (25/6).

Guven tak menjabarkan lebih lanjut. Namun, data dari YSK yang dirujuk kantor berita Anadolu juga menunjukkan bahwa Erdogan memenangkan suara mayoritas penuh.
Berdasarkan data tersebut, Erdogan memenangkan 52,5 persen suara, sementara rival terkuatnya, Muharrem Ince dari Partai Rakyat Republk (CHP), hanya meraup 31,7 persen.


Hingga kini, YSK sudah menghitung 99 persen suara yang masuk. Mereka baru akan mengumumkan hasil resmi pada Jumat mendatang.

Pemungutan suara di Turki diikuti sekitar 60 juta pemilih yang tersebar di 81 provinsi. Pilpres ini digelar berbarengan dengan pemilihan anggota parlemen.
Partai pimpinan Erdogan, AKP, tergabung dalam Aliansi Rakyat yang meraih suara lebih dari 50 persen, disusul Aliansi Kebangsaan.

Kekalahan Ince dan partainya semakin menegaskan dominasi Erdogan dan AKP di panggung politik Turki. 

Erdogan telah menjabat sebagai Presiden Turki sejak 2014. Sebelumnya, dia dipercaya sebagai Perdana Menteri Turki dari 2003 hingga 2014. AKP sendiri sudah menjadi partai berkuasa di Turki sejak 2002 silam. (has/has)