Menteri Tambahan Malaysia Dilantik Awal Juli

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Selasa, 26/06/2018 10:11 WIB
Menteri Tambahan Malaysia Dilantik Awal Juli Istana Negara Malaysia memastikan bahwa Raja Malaysia sudah menerima daftar nama menteri tambahan kabinet PM Mahathir Mohamad yang akan dilantik pada 2 Juli. (Reuters/Lai Seng Sin)
Jakarta, CNN Indonesia -- Istana Negara Malaysia memastikan bahwa Raja Malaysia, Yang Dipertuan Agong Muhammad V, sudah menerima daftar nama menteri tambahan kabinet Perdana Menteri Mahathir Mohamad dan akan dilantik pada 2 Juli mendatang.

"Nama-nama menterikabinet sudah diterima oleh Yang Dipertuan Agong Sultan Muhammad V dan sudah dikembalikan ke Kantor Perdana Menteri pada 22 Juni, Jumat lalu," demikian pernyataan Pengawas Istana Negara, Wan Ahmad Dahlan Abdul Aziz.

Wan Ahmad Dahlan merilis pernyataan ini untuk membantah isu yang tersebar setelah Malay Mail Online memberitakan bahwa penerimaan nama daftar menteri tambahan itu ditunda.
"Istana Negara meminta semua pihak tidak melaporkan hal apa pun yang negatif dan tidak akurat terkait Yang Dipertuan Agong," kata Wan Ahmad Dahlan, sebagaimana dikutip The Straits Times.


Menteri tambahan ini akan memperkuat jajaran Mahathir yang sebelumnya sudah mengamankan 13 nama dalam kabinetnya.

Seorang sumber mengatakan kepada Malaysiakini bahwa dengan daftar tamabahan ini, kabinet Malaysia akan diisi oleh 29 orang, termasuk Mahathir. Namun, ia tak menjabarkan lebih lanjut.

Jajaran kabinet ini berkurang jauh dari masa pemerintahan Najib Razak yang memiliki total 35 menteri. (has/has)