Fan Timnas Meksiko: Terima Kasih Korea Selatan!

AFP, CNN Indonesia | Kamis, 28/06/2018 05:18 WIB
Fan Timnas Meksiko: Terima Kasih Korea Selatan! Pendukung timnas Meksiko beralih dari sedih karena kalah dari Swedia menjadi riang usai Korea Selatan mengalahkan Jerman di laga Piala Dunia 2018, Rabu (27/6). (REUTERS/Andrew Couldridge)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penggemar timnas Meksiko yang sedih karena kalah usai timnya bertanding melawan Swedia di laga Piala Dunia 2018, Rabu (27/6) berganti riang saat Korea Selatan secara mengejutkan mengalahkan Jerman.

Kekalahan Jerman tersebut membuat tim Der Panzer harus minggat dari laga Piala Dunia tahun ini. Jerman kalah selisih gol dari Korea Selatan di klasemen akhir Grup F.

Sebelum kekalahan Jerman terjadi, Swedia menang 3-0 atas Meksiko. Hasil tersebut sempat membuat penggemar Meksiko cemas tim jagoannya bakal terusir dari Piala Dunia.


Namun penampilan Korea Selatan yang berhasil mengalahkan Jerman dan mengusirnya dari laga Piala Dunia ternyata mampu membalikkan mood para penggemar tim Meksiko.


"Korea! Korea!" teriak para penggemar timnas Meksiko di banyak bar Mexico City sembari mengacungkan tangan ke udara dan mengelu-elukan tim dari Asia tersebut.

"Saya berubah dari menangis jadi tertawa," kata Cecilia Gonzales, mahasiswa 22 tahun yang merayakan hasil mengejutkan itu dengan tequilla.

"Terima kasih Korea. Saya bahkan tidak tahu persis itu di mana, namun terima kasih, terima kasih," lanjutnya.

Beberapa penggemar bahkan berbondong-bondong pergi ke Kedutaan Korea Selatan di ibu kota Meksiko itu dan meneriakkan kalimat "Korea adalah saudara kita."


Media sosial pun kebanjiran meme momen 'keajaiban' tersebut, mulai dari koboi dengan topi khas Meksiko namun beraksi 'Gangnam Style' yang dipopulerkan musisi Korea PSY, 'berita' bahwa Meksiko mengubah bahasa nasionalnya menjadi bahasa Korea, hingga janji para netizen Meksiko untuk mendengarkan lagu K-Pop dan menonton drama Korea.

Namun di balik tingkah kocak para pendukung timnas Meksiko, mereka masih merasakan kekecewaan yang mendalam akibat 'dilibas' Swedia.

"Meksiko mengecewakan saya. Harapan saya terlalu tinggi. Mereka bermain sangat baik di pertandingan lainnya, itu membuat saya berharap," kata Cecilia Jimenez, mahasiswa 20 tahun asal Meksiko.

"Namun mereka tidak bermain seperti biasanya," lanjut pendukung timnas Meksiko tersebut.


Dengan raihan tiga gol, Swedia finis di puncak grup dan akan berlaga menghadapi runner-up Grup E, Swiss.

Sedangkan Meksiko yang tercatat sebagai runner-up Grup F dijadwalkan akan bermain dengan jawara Grup E sekaligus lima kali juara Piala Dunia, Brazil.

Para pendukung Meksiko pun berdoa mendapatkan keberuntungan di laga selanjutnya.

"Ini berjalan baik bagi kami sejauh ini. Kami melawan juara dunia, itu tidak mudah," kata pendukung Meksiko, Luis Padilla, pemilik kafe berusia 29 tahun di Mexico City.

Meski begitu, apa pun hasilnya nanti, Padilla yakin timnas Meksiko akan tetap membawa kebahagiaan dan optimisme di masyarakat Amerika Tengah tersebut.

"Ini negara yang tekun akan sepak bola. Sepak bola mengubah segalanya. Ini jadi jiwa nasional kami," kata Padilla. (end)