Diplomasi Piala Dunia, Saat PM Belgia-Inggris Tukar Jersey

Riva Dessthania Suastha, CNN Indonesia | Jumat, 29/06/2018 19:25 WIB
Diplomasi Piala Dunia, Saat PM Belgia-Inggris Tukar Jersey PM Belgia Charles Michel memberi PM Inggris Theresa May jersey timnas negaranya, jelang laga piala dunia antara kedua negara. (REUTERS/Francois Lenoir)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gegap gempita Piala Dunia tak hanya menyasar para pencinta sepak bola saja, tapi juga ikut terasa hingga ranah diplomasi.

Hal itu terasa ketika Perdana Menteri Belgia Charles Michel membawa euforia Piala Dunia ke pertemuan tinggi pemimpin negara Uni Eropa di Brussels, Kamis (28/6).

Di sela pertemuan 28 pemimpin negara itu, Michel menyodorkan bingkisan berwarna hitam kepada PM Inggris Theresa May yang ternyata berisi jersey tim nasional Belgia.


Langkah Michel pun memecah ketegangan gelaran acara yang dimaksudkan untuk membicarakan masa depan Inggris di Uni Eropa menyusul keputusan Brexit.
May, perempuan konservatif yang terkenal kaku, sontak tertawa lebar saat melihat isi hadiah yang diberikan Michel. Momen itu juga disambut tawa oleh seluruh tamu yang hadir di ruang tersebut.

Michel memberi May jersey berwarna merah dengan motif kuning bernomor sepuluh yang biasa digunakan oleh Eden Hazard. Sebagian orang beranggapan pemberian kaus bernomor punggung 10 itu merujuk pada kantor May yang beralamatkan di Downing Street 10.

May pun membalas hadiah Michel dengan memberikan jersey timnas Inggris sebagai "balasan".

Pertukaran jersey itu dilakukan sebelum laga Inggris dan Belgia berlangsung sore harinya.
Selain May, para pemimpin negara Eropa lainnya seperti Presiden Perancis Emanuel Macron dan PM Luxemburg Xavier Bettel juga tertawa saat menerima hadiah selendang timnas Belgia dari Michel.

Perdana Menteri Irlandia Leo Varadkar juga turut mengenakan syal pemberian Michel dengan sumringah dengan mengatakan dia akan mendukung timnas Belgia di laga Piala Dunia.
Theresa May balas memberi jersey timnas Inggris kepada Michel.Theresa May balas memberi jersey timnas Inggris kepada Michel. (Courtesy of Chancellery of the Belgian Prime Minister/Handout via Reuters)
"Saya di sini, di Brussels, Belgia, jadi tentunya saya menyerukan dukungan bagi tim tuan rumah," kata Varadkar pada Kamis siang seperti dikutip AFP.

"Tentunya, jika Belgia mengalahkan Inggris dalam laga malam ini, mungkin bisa membuka jalan lebih mudah lagi bagi Inggris untuk laga selanjutnya. Jadi mungkin ini salah satu skenario win-win."
Sore harinya, The Three Lions akhirnya harus rela ditaklukkan Belgia 0-1 di menit 51 pertandingan. Meski begitu, kedua tim berhasil lolos ke babak 16 besar.

Beberapa hari sebelum KTT UE, Michel juga mengunggah fotonya bersama Bettel dan PM Belanda Mark Rutte mengenakan selendang timnas Belgia saat melakukan pertemuan negara Benelux.

Laga Belgia-Inggris juga terbilang istimewa karena Dewan Eropa menggelar nonton bersama laga tersebut menggunakan layar besar di ruang konferensi pers utamanya.

(aal)