Putin Berencana Bertemu Netanyahu di Sela Piala Dunia

Reuters, CNN Indonesia | Kamis, 05/07/2018 00:12 WIB
Putin Berencana Bertemu Netanyahu di Sela Piala Dunia Presiden Vladimir Putin berencana mengadakan pertemuan dengan PM Israel, Benjamin Netanyahu, pekan depan, di sela Piala Dunia yang sedang berlangsung di Rusia. (Reuters/Pavel Golovkin/Pool)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Vladimir Putin dilaporkan berencana mengadakan pertemuan dengan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, pada pekan depan, di sela Piala Dunia 2018 yang sedang berlangsung di Rusia.

"Pertemuan mereka sedang disiapkan dan akan digelar jika para tamu datang ke sini sesuai rencana untuk menyaksikan laga Piala Dunia," ujar juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, sebagaimana dikutip Reuters, Rabu (4/7).

Tak lama setelah Peskov berbicara kepada wartawan, kantor Netanyahu melansir pernyataan yang menyebutkan bahwa sang perdana menteri akan bertemu dengan Putin pada 11 Juli di Moskow.
Namun, kantor PM Israel itu tak menjabarkan lebih lanjut mengenai rincian pertemuan tersebut.


Sebelumnya, Putin dikabarkan mengundang Netanyahu untuk menonton laga final Piala Dunia yang digelar di Luzhniki Stadium pada 15 Juli mendatang.

"Undangan datang dari Presiden Putin. Kemungkinannya masih dipertimbangkan," kata seorang sumber Netanyahu seperti dikutip media Sputnik dan dilansir FourFourTwo Australia.

Jika terjadi, pertemuan ini akan menjadi yang kedua kalinya pada tahun ini setelah Netanyahu dan Putin berjumpa pada Mei lalu.
Selama beberapa tahun terakhir, kedua pemimpin negara sudah beberapa kali bertemu dalam upaya menghindari ketegangan dan bentrokan antara tentara Rusia dan Israel di Suriah.

Rusia memang mengirimkan pasukan udaranya untuk membantu Presiden Suriah, Bashar al-Assad, yang justru merupakan rival Israel.

Menurut pernyataan Kremlin, dalam sebuah hubungan telepon pada akhir bulan lalu, Putin setuju memperkuat koordinasi dengan Netanyahu terkait kondisi di Suriah.

Kremlin mengatakan keduanya berdiskusi soal kolaborasi dua negara untuk meningkatkan keamanan di perbatasan Suriah-Israel. (has/has)