HUT ke-242, AS Tingkatkan Kerja Sama Maritim dengan Indonesia

Natalia Santi, CNN Indonesia | Kamis, 05/07/2018 11:34 WIB
HUT ke-242, AS Tingkatkan Kerja Sama Maritim dengan Indonesia Perayaan Hari Kemerdekaan AS ke-242 di Jakarta, Rabu (4/7). (CNN Indonesia/Natalia Santi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perayaan Kemerdekaan Amerika Serikat ke-242 yang digelar di Jakarta bertema kebijakan maritim. Bertemakan ""Partnerships Across the Oceans" atau "Kemitraan Lintas Samudera", Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph R. Donovan menyatakan tema itu sejalan dengan rencana Indonesia untuk menjadi tuan rumah Konferensi Samudera 2018.

"Kedua negara memiliki warisan kerja sama maritim yang luas, mulai dari konservasi maritim, keamanan maritim, pendidikan dan budaya," kata Dubes Donovan dalam perayaan yang digelar di kediamannya di bilangan Menteng, Jakarta, Rabu (4/7) malam.

Suasana kemaritiman dihadirkan lewat akuarium air laut, perahu kecil sebagai dekor saat konferensi pers, juga kehadiran yayasan peduli lingkungan laut 4Ocean, yang membuat gelang yang dibuat dari daur ulang sampah yang ditemukan di laut.



Selain Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan sebagai pemberi sambutan di acara pembukaan, perayaan bertema "Partnerships Across the Oceans" atau "Kemitraan Lintas Samudera", tampak pula Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan, serta Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan beserta Wakil Gubernur Sandiaga Uno. 

Perayaan HUT AS ke-242 itu juga juga dihadiri sejumlah duta besar negara-negara sahabat di Jakarta seperti Dubes Inggris Moazzam Malik, Dubes Uni Eropa Vincent Guerend, Dubes Jerman Michael Freiherr von Ungern-Sternberg. Juga hadir sejumlah pengusaha nasional termasuk Chairul Tanjung, pendiri dan Ketua CT Corp.

Dubes Donovan menyatakan Perayaan Kemerdekaan AS ke242 bertepatan dengan kemitraan strategis dengan Indonesia, "Sebuah kemitraan yang menjadi jantung Indo Pasifik," kata Dubes Donovan.

Foto: CNN Indonesia/Natalia Santi
Dubes AS untuk Indonesia Joseph R. Donovan saat konferens pers di Perayaan Kemerdekaan AS.

Dia merinci kerja sama kemitraan AS dengan Indoensia. Mulai dari Milenium Challenge Corporation senilai Rp5,5 yang diimplementasikan Indonesia untuk rakyat Indonesia. Juga badan bantuan AS, USAID yang membantu wilayah perlindungan kelautan untuk mempertahankan ekosistem yang sehat, serta memperkuat kehidupan komunitas setempat.

Donovan juga menyebut relawan Peace Corps yang mengajar bahasa Inggris bagi anak-anak muda di Jawa Timur dan Jawa Barat serta Nusa Tenggara Timur. Juga Inisiatif Pemimpin Muda Asia Tenggara (YSEALI) di mana Indonesia memiliki jumla peserta terbanyak yakni 27 ribu orang.

Sejumlah alumni YSEALI juga mendirikan yayasan "Divers Clean Action" yang didedikasikan untuk menjaga kebersihan laut-laut di Indonesia.

Foto: CNN Indonesia/Natalia Santi
Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik dengan Menteri ESDM Ignasius Jonan.

Dubes Donovan mengungkapkan Perayaan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Amerika Serikat pada 2019 akan ditandai dengan dengan pembukaan gedung kedutaan AS yang baru pada Oktober.

Dubes AS menegaskan sejarah bersama dan masa depan yang akan dibangun bersama kedua negara, "membuktikan bahwa kemitraan strategis kita benar-benar di jantung Indo-Pasific," kata Donovan.

Dalam pidatonya, Menko bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan juga mengungkapkan kerja sama dengan Amerika Serikat, seperti bidang pertahanan, konterterorisme, serta ekonomi yang saling menguntungkan.

"Indonesia dan Amerika Serikat bisa mencapai banyak hal yang lebih dengan bekerja sama," kata Luhut yang mengaku senang banyak pengusaha AS yang tetap mempertahankan usahanya di Indonesia, serta sebaliknya pengusaha Indonesia berinvestasi ke Amerika Serikat.


Dalam konferensi pers bersama, Luhut juga menyatakan bahwa Indonesia dan Amerika Serikat sama-sama memiliki prinsip kebebasan bernavigasi di Laut China Selatan.

Adapun Kuasa Usaha Amerika Serikat untuk ASEAN, Piper Anne Wind Campbell menekankan bahwa kerja sama kemaritiman adalah salah satu dari lima bidang kemitraan AS-ASEAN.

"Untuk memperkuat komitmen kami atas Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, Amerika Serikat dengan bangga bekerja sama dengan anggota ASEAN untuk m engembangkan dan meningkatkan kerja sama di bidang kesadaran maritim," kata Campbell dalam pidatonya.

Dia juga menegaskan bahwa Amerika Serikat mendukung aksi ASEAN untuk mempromosikan ekosistem laut yang sehat serta untuk meminimalkan efek pencemaran laut, pengasaman laut, tumpahan minyak, penangkapan ikan secara ilegal dan tanpa aturan. (IUU Fishing).

(nat)