Usaha Penyelamatan Remaja di Gua Thailand Diburu Waktu

REUTERS, CNN Indonesia | Sabtu, 07/07/2018 10:50 WIB
Usaha Penyelamatan Remaja di Gua Thailand Diburu Waktu Kondisi belasan remaja yang terjebak di Gua Tham Luang, Thailand. (Thai Navy Seal/Handout via REUTERS TV)
Jakarta, CNN Indonesia -- Waktu penyelamatan bagi tim sepakbola muda Thailand yang terjebak di dalam Gua Tham Luang semakin terbatas, seperti yang dikatakan oleh pimpinan tim penyelamat pada Sabtu (7/7).

Tim penyelamat yang dibentuk oleh pemerintah Thailand mengatakan kalau tak lama lagi musim hujan akan datang, sehingga penyelamatan 12 anak beserta pelatih sepakbola di dalam gua curam itu bakal lebih sulit.

Kekhawatiran ini muncul setelah salah satu anggota tim penyelamat tewas saat melakukan penyelaman.


"Saat ini ada usaha pengeringan gua, namun usaha tersebut akan sia-sia jika musim hujan kembali datang," kata pimpinan tim penyelamat, Narongsak Osottanakorn.

Narongsak lanjut mengatakan bahwa kadar oksigen di dalam gua yang berada di Chiang Rai itu juga semakin menipis.

Selain pengeringan gua, tim penyelamat juga berencana untuk melubangi gua untuk mengeluarkan belasan anak berusia sekitar 11-16 tahun itu.

Narongsak memprediksi bahwa area di sekitar hutan bisa dilubangi hingga 600 meter karena bebatuan di sana terbilang lunak.

Tim penyelamat Thailand juga dibantu oleh tim dari negara lain, seperti Inggris dan Denmark, dalam usaha penyelamatan ini.

Salah satu anggota tim penyelamat dari Denmark mengatakan kalau kesulitan terbesar yang dihadapi ialah membuat korban yang terjebak tetap hidup selama usaha penyelamatan dilakukan.

Ditambah medan penyelaman yang berlumpur tebal dengan lubang yang sempit.

[Gambas:Video CNN] (ard)