Jet Tempur Rumania Jatuh, Seorang Pilot Tewas

AFP, CNN Indonesia | Minggu, 08/07/2018 00:10 WIB
Jet Tempur Rumania Jatuh, Seorang Pilot Tewas Ilustrasi. (Krasimir GrozevWikipedia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang pilot Angkatan Udara Rumania tewas setelah jet tempur yang ia terbangkan jatuh dalam pameran kedirgantaraan di Kota Fetesti, pada Sabtu (7/7).

Kementerian Pertahanan Rumania menyebut pilot yang tewas adalah Letnan Florin Rotaru, 36. Florin menerbangkan MiG21 Lancer selama pameran yang dihadiri ribuan penonton. Tidak warga ada yang terluka dalam musibah itu.

"Kata-kata tak cukup untuk menggambarkan rasa duka yang dirasakan oleh Angkatan Bersenjata Rumania setelah kecelakaan ini," Menteri Pertahanan Mihai Fifor menulis di Facebook, seperti dikutip dari AFP.


Belum ada keterangan resmi terkait penyebab jatuhnya pesawat yang diterbangkan Florin. Sementara Menteri Fifor mengatakan bahwa jet tempur Rumania dalam kondisi yang sempurna. Penyelidikan akan dilakukan untuk mengetahui penyebab insiden tersebut.

Jet tempur era Soviet, MiG, adalah pesawat tempur utama yang digunakan Angkatan Udara Rumania. Jet tempur itu sudah digunakan selama lima dekade  dan pemerintah masih mengandalkannya untuk misi pengawasan ruang udara Rumania.

Insiden terakhir sebelum kecelakaan pekan ini terjadi pada 2017 silam. Saat itu jet tempur MiG jatuh di dekat pangkalan udara Mihail Kogalniceau yang juga merupakan basis militer Amerika Serikat, Pilot pesawat nahas itu selamat setelah berhasil melontarkan diri.

Media di Rumania mencatat 11 pilot telah tewas sejak 1994 sampai sekarang dan 19 jet tempur MiG telah jatuh.

Saat ini, Rumania sedang berupaya melakukan modernisasi Angkatan Udaranya di tengah ketegangan regional yang dipicu oleh pencaplokan Krimea oleh Rusia.

Rumania telah membeli 12 jet tempur Amerika F16 dari Portugal dan berencana membeli 40 jet tempur serupa di masa depan.

(wis)