Theresa May Tunjuk Menteri Brexit Baru

Reuters, CNN Indonesia | Senin, 09/07/2018 17:23 WIB
Theresa May Tunjuk Menteri Brexit Baru Dominic Raab ditunjuk sebagai Menteri Brexit baru untuk menggantikan David Davis yang mengundurkan diri pada Minggu (8/7). (Reuters/Henry Nicholls)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perdana Menteri Inggris, Theresa May, menunjuk Dominic Raab sebagai Menteri Brexit baru untuk menggantikan David Davis yang mengundurkan diri pada Minggu (8/7).

"Ratu sudah menerima penunjukan Dominic Raab sebagai Menteri Negara urusan Keluar dari Uni Eropa," demikian pernyataan resmi dari kantor May, sebagaimana dikutip Reuters, Senin (9/7).

Sebelum ditunjuk sebagai Menteri Brexit, Raab memegang jabatan Menteri Perumahan Inggris.
Penunjukan Raab ini dilakukan hanya berselang beberapa jam setelah Davis mengajukan pengunduran dirinya.


Pengunduran diri Davis dan wakilnya, Steve Baker, dianggap sebagai pukulan telak bagi May yang tengah berupaya menyatukan partai, sambil menguatkan hubungan ekonomi dengan Uni Eropa meski telah meninggalkan blok tersebut.

Dalam sepucuk surat kepada May, Davis mengatakan, "Arah kebijakan secara umum membuat posisi kita lemah dalam negosiasi, dan mungkin tak terhindarkan."
Pengunduran diri itu diumumkan dua hari setelah May meminta dukungan kabinetnya untuk menjalin hubungan dagang sedekat mungkin dengan Uni Eropa.

Menurut Davis, rencana itu membuat "kendali yang seharusnya dipegang Parlemen menjadi ilusi."

Davis mengkritik keras proposal "buku aturan umum" yang memungkinkan perdagangan bebas itu. Menurutnya, hal itu sama saja seperti "menyerahkan kendali sebagian besar ekonomi kita ke Uni Eropa dan bukan mengembalikan kendali hukum kita dalam artian sebenarnya." (has/has)