PM Inggris: Saatnya Uni Eropa Serius Bahas Negosiasi Brexit

Reuters, CNN Indonesia | Senin, 09/07/2018 20:48 WIB
PM Inggris: Saatnya Uni Eropa Serius Bahas Negosiasi Brexit PM Inggris, Theresa May, menegaskan bahwa posisi negaranya terkait Brexit sudah jelas dan mendesak Uni Eropa untuk serius membahas negosiasi selanjutnya. (Reuters/Simon Dawson/Pool)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perdana Menteri Theresa May menegaskan bahwa posisi Inggris terkait keputusan untuk keluar dari Uni Eropa (Brexit) sudah jelas dan mendesak blok itu untuk serius membahas negosiasi selanjutnya.

"Sebagaimana yang dikatakan perdana menteri, kami sudah menetapkan posisi kami dan sekarang saatnya Uni Eropa untuk bergerak dan dia ingin Uni Eropa serius dengan negosiasi ini," ujar juru bicara May, dikutip Reuters.

Jubir itu juga menyatakan bahwa May membantah anggapan miring Menteri urusan Brexit, David Davis, melalui surat pengunduran dirinya.


"PM mengatakan dalam suratnya kepada Menteri Negara bahwa dia tidak sepakat dengan karakterisasi atas posisinya. Sebuah kesepakatan dengan kabinet sudah tercapai pada Jumat lalu dan kami akan memulai negosiasi rencana itu," katanya.
Pengunduran diri Davis memang diumumkan dua hari setelah May meminta dukungan kabinetnya untuk menjalin hubungan dagang sedekat mungkin dengan Uni Eropa, Jumat lalu.

Menurut Davis, rencana itu membuat "kendali yang seharusnya dipegang Parlemen hanya menjadi ilusi."

Davis mengkritik keras proposal "buku aturan umum" yang memungkinkan perdagangan bebas itu. Menurutnya, hal itu sama saja seperti "menyerahkan kendali sebagian besar ekonomi kita ke Uni Eropa dan bukan mengembalikan kendali hukum kita dalam artian sebenarnya."

Tak lama setelah itu, May langsung menunjuk Dominic Raab sebagai pengganti Davis. (has/has)