Susul Menteri Brexit, Menlu Inggris Mengundurkan Diri

Reuters, CNN Indonesia | Senin, 09/07/2018 21:24 WIB
Susul Menteri Brexit, Menlu Inggris Mengundurkan Diri Menteri Luar Negeri Inggris, Boris Johnson, mengundurkan Diri pada Senin (9/7), sehari setelah Menteri urusan Brexit, David Davis, mengambil langkah serupa. (Matt Frost/ITV/REX/Shutterstock via Reuters)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Luar Negeri Inggris, Boris Johnson, mengundurkan Diri pada Senin (9/7), sehari setelah Menteri urusan Brexit, David Davis, mengambil langkah serupa.

"Sore ini, Perdana Menteri menerima pengunduran diri dari Boris Johnson sebagai Menteri Luar Negeri," demikian pernyataan resmi dari kantor PM Inggris, Theresa May.

Melalui pernyataan tersebut, kantor PM Inggris juga memastikan bahwa pengganti Johnson akan diumumkan dalam waktu dekat.


"Perdana Menteri berterima kasih kepada Boris untuk pengabdiannya," tulis kantor PM Inggris, sebagaimana dikutip Reuters.
Pengunduran diri Johnson ini disampaikan hanya berselang sehari setelah Menteri Negara urusan Keluar dari Uni Eropa, David Davis, mengambil keputusan serupa.

Davis mengundurkan diri karena perbedaan pendapat dengan May terkait tindak lanjut keputusan Inggris untuk keluar dari Uni Eropa atau biasa disebut Brexit.

Ia mengundurkan diri hanya berselang dua hari setelah May meminta dukungan kabinetnya untuk menjalin hubungan dagang sedekat mungkin dengan Uni Eropa.
Davis berpendapat bahwa rencana itu membuat "kendali yang seharusnya dipegang Parlemen menjadi ilusi."

Davis mengkritik keras proposal "buku aturan umum" yang memungkinkan perdagangan bebas itu. Menurutnya, hal itu sama saja seperti "menyerahkan kendali sebagian besar ekonomi kita ke Uni Eropa dan bukan mengembalikan kendali hukum kita dalam artian sebenarnya." (has/has)