Trump Desak Negara NATO Ganti Rugi Pengeluaran AS

Riva Dessthania Suastha, CNN Indonesia | Kamis, 12/07/2018 12:39 WIB
Trump Desak Negara NATO Ganti Rugi Pengeluaran AS Foto: REUTERS/Kevin Lamarque
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Donald Trump mendesak negara-negara anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) untuk mengganti rugi pengeluaran Amerika Serikat untuk organisasi tersebut.

Dalam perjalanan menuju Brussels untuk menghadiri konferensi tingkat tinggi yang bakal digelar Kamis (12/7), Trump berkicau menyebut 28 negara anggota selama ini tidak cukup banyak berkontribusi secara finansial jika dibandingkan dengan negaranya.

Seluruh 29 pemimpin negara NATO akan bertemu dan menyatakan kembali komitmen masing-masing terhadap kesepakatan KTT NATO sebelumnya pada 2014 lalu.


Saat itu, para anggota sepakat menyisihkan setidaknya 2 persen dari produk domestik bruto (GDP) masing-masing untuk anggaran pertahanan pada 2024.
"Banyak negara NATO, yang berharap kami bela, tidak hanya gagal memenuhi komitmen 2 persen, tetapi juga menunggak selama bertahun-tahun," kata Trump via Twitter, Rabu.

"Apakah mereka akan mengganti uang AS?"



Pernyataan semacam ini telah berulang kali dilontarkan oleh Trump sejak menjabat sebagai presiden, 2017 lalu.

Dia kerap menyinggung negara anggota yang masih belum meningkatkan anggaran pertahanan seperti yang telah disepakati, meski waktu menuju 2024 hanya tersisa enam tahun lagi.
"Terus terang saja banyak negara yang berutang dalam jumlah besar dari tahun-tahun sebelumnya," kata Trump saat menyantap sarapan bersama Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg di kediaman Duta Besar AS untuk Belgia.

"Menurut saya, para anggota lalai karena AS harus membayar untuk negara-negara tersebut," ujarnya melanjutkan, seperti dilansir The New York Times.

Sejauh ini, AS memang menjadi negara dengan anggaran pertahanan terbesar. Pada 2017, Gedung Putih menyisihkan 3,57 persen GDP untuk pertahanan negara.

Sementara itu, menurut data NATO, AS menyumbang US$686 miliar dari total US$957 miliar dana pertahanan yang digunakan negara anggota pada 2017.



(aal)