Ke Brunei, Menkopolhukam Tindaklanjuti Rencana Jual Alutsista

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Senin, 16/07/2018 04:00 WIB
Ke Brunei, Menkopolhukam Tindaklanjuti Rencana Jual Alutsista Menkopolhukam Wiranto ditemani Dubes RI untuk Brunei Dr. Sujatmiko menemui Sultan Brunei Hassanal Bolkiah di Istana Nurul Iman, Bandar Seri Begawan, Minggu (15/7). (Dok. KBRI Bandar Seri Begawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto menindaklanjuti rencana Brunei untuk membeli sejumlah alutsista buatan Indonesia dalam kunjungannya ke negeri itu, Minggu (15/7).

Wiranto bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto hadir sebagai tamu kehormatan dalam acara puncak peringatan hari ulang tahun Sultan Hassanal Bolkiah yang ke-72.

Dalam acara tersebut, Panglima TNI mendapatkan bintang kehormatan dari Sultan Hassanal Bolkiah.




Seusai acara tersebut Menkopolhukam didampingi Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam Dr. Sujatmiko mengadakan pertemuan dengan Sultan Hassanal Bolkiah.

Selain menyampaikan salam hangat dari Presiden Joko Widodo, Wiranto juga membahas sejumlah agenda dalam hubungan bilateral yang perlu ditindaklanjuti secara konkret dari lawatan Sultan Brunei ke Indonesia pada Mei 2018 silam.

"Antara lain rencana penggunaan produk-produk militer Indonesia oleh Brunei, yakni Armoured Personnel Carrier (APC) ANOA, senjata laras panjang dan pendek, serta minat investasi Brunei pada bidang pariwisata Indonesia," kata Dubes Sujatmiko lewat rilis yang diterima CNNIndonesia.com, Minggu (15/7).


Menurut Sujatmiko, Menkopolhukam juga sampaikan harapan agar kebijakan-kebijakan Sultan dapat kiranya direspons oleh para pelaksana kebijakan di Brunei guna mewujudkan hubungan yang lebih konkret tersebut.

Adapun Sultan menyampaikan apresiasi atas fasilitasi dan sambutan bersahabat pemerintah RI saat kunjungan kenegaraannya ke Indonesia bulan Mei 2018 lalu, serta apresiasi atas kontribusi positif warga Indonesia (WNI) yang berada di Brunei Darussalam.

"Sebagai dua sahabat lama, keduanya membincangkan pula hal-hal yang sifatnya personal, dimana Menkopolhukam secara khusus sampaikan undangan untuk melakukan pertandingan persahabatan bulutangkis di sela-sela kunjungan Sultan ke Bali, Oktober 2018 mendatang guna menghadiri ASEAN Leaders' Gathering (ALg), yang disambut baik oleh Sultan," papar Dubes Sujatmiko.


Sujatmiko menambahkan bahwa kehadiran Menkopolhukam sebagai tamu kehormatan dalam HUT Sultan merupakan cerminan hubungan persahabatan yang erat, baik personal maupun bilateral, serta kerjasama yang telah terjalin baik antara kedua negara selama ini. Nuansa pembicaraan yang terkesan sangat akrab menunjukkan begitu dekatnya hubungan bilateral kedua bangsa. (nat)