Helsinki, Tempat Langganan Pertemuan AS dan Rusia

Hanna Azarya Samosir, CNN Indonesia | Senin, 16/07/2018 19:42 WIB
Helsinki, Tempat Langganan Pertemuan AS dan Rusia Bendera Amerika Serikat, Rusia, dan Finlandia berkibar di depan Istana Kepresidenan menjelang pertemuan antara Presiden Donald Trump dan Presiden Vladimir Putin di Helsinki pada Senin (16/7). (Reuters/Leonhard Foeger)
Jakarta, CNN Indonesia -- Helsinki kembali menjadi saksi pertemuan antara pemimpin Amerika Serikat dan Rusia ketika Presiden Donald Trump berjumpa dengan Presiden Vladimir Putin di ibu kota Finlandia itu pada hari ini, Senin (16/7).

Mantan diplomat Finlandia, Pertti Torstila, mengungkap tiga alasan Finlandia kembali dipilih menjadi lokasi pertemuan penting tersebut.

"Ada beberapa alasan mengapa Finlandia menjadi tempat pilihan, yaitu sejarah panjang pertemuan AS-Rusia, pendirian kebijakan asingnya, dan geografinya," ujar Torstilla kepada CNBC.
Finlandia memang menjadi tuan rumah sejumlah pertemuan antara AS dan Rusia sejak masih era Uni Soviet, yaitu pada 1975, 1988, 1990, karena saat itu negara-negara Eropa mengambil posisi netral.


Namun setelah itu, Finlandia tetap dipilih menjadi tempat pertemuan antara Presiden AS, Bill Clinton, dan Presiden Rusia, Boris Yeltsin, pada 1992 dan 1997.

"Keduanya tahu dan memiliki hubungan yang baik dengan presiden Finlandia," ucap mantan Menteri Luar Negeri Finlandia tersebut.
Selain urusan diplomasi, Finlandia juga sering menjadi tujuan para pejabat AS untuk rehat sebelum melanjutkan perjalanan ke Rusia.

Torstila mengatakan bahwa Ronald Reagan juga pernah singgah sebelum berkunjung ke Rusia pada 1988.

Secara geografis, Finlandia juga bisa menjadi pilihan yang logis mengingat sebelum pertemuan berlangsung, Trump melakukan rangkaian lawatan ke Eropa, sementara Putin berada di Moskow.

"Jarak penerbangan menuju Helsinki tak begitu jauh dari Moskow, di mana Putin akan menonton final Piala Dunia pada hari Minggu," kata Torstila.
Putin memang dilaporkan akan terbang ke Finlandia pada hari ini, menyusul Trump yang sudah lebih dulu bertolak ke Helsinki setelah rangkaian kunjungannya ke Eropa.

Mereka dijadwalkan bertemu di Istana Kepresidenan Finlandia sekitar pukul 13.15 atau 17.15 WIB.

Ia pun berharap pertemuan kedua pemimpin negara itu dapat berjalan dengan lancar dan bermanfaat bagi kawasan.

"Kami berperan sebagai tuan rumah, memberikan mereka kondisi terbaik. Saya sangat senang kami dapat menyediakannya," ucap Torstila. (has/has)