Tonton Final Piala Dunia di Moskow, Anak Najib Razak Dikritik

Riva Dessthania Suastha, CNN Indonesia | Selasa, 17/07/2018 18:06 WIB
Tonton Final Piala Dunia di Moskow, Anak Najib Razak Dikritik Ilustrasi. (Reuters/Hannah McKay/Pool)
Jakarta, CNN Indonesia -- Anak mantan perdana menteri Najib Razak, Mohd Nazifuddin Najib, memicu kritik publik setelah mengunggah foto sedang menonton langsung pertandingan final Piala Dunia 2018 di Moskow, Rusia, akhir pekan lalu.

Kritikan ini membanjiri kolom komentar pada foto yang diunggah Nazifuddin di laman Facebook saat dia menonton langsung laga Perancis versus Kroasia di Stadion Luzhniki, Minggu (15/7).

Dalam salah satu foto, Nazifuddin terlihat berpose bersama maskot Piala Dunia Zabivaka. Dalam unggahan lainnya, dia juga terlihat berpose di belakang stadion bersama mantan pemain sepak bola asal Perancis, Christian Karembeu.


"Yeah! Final! Kroasia melawan Perancis, siapa jagoan Anda?" tulis Sekretaris Jenderal Dewan Olimpiade Malaysia itu dalam unggahannya, seperti dikutip The Straits Times, Selasa (17/7).



Para netizen langsung mencibir karena menganggap Nazifuddin "memamerkan" kemewahan ketika sang ayah, mantan Perdana Menteri Najib Razak, dan saudara-saudaranya mengaku sedang mengalami kesulitan finansial karena rekening bank mereka dibekukan terkait penyelidikan 1MDB.

"Betapa manisnya Anda. Anda menunjukkan kepada dunia bahwa saat ini Anda tengah menikmati kehidupan dengan bahagia ketika ayah Anda berada dalam masalah dan salah satu saudara perempuan Anda mengaku tidak bisa membayar biaya rumah sakit. Anda adalah laki-laki yang benar kejam," tulis Estefania Lee, salah satu pengguna Facebook, dalam kolom komentar.

"Ini lah mengapa rakyat membenci keluarga Najib. Salah satu anaknya mengaku tidak punya uang untuk membayar perawatan kanker, anak yang di sini tepergok menonton Piala Dunia dan main-main bersama perempuan Taiwan minum anggur," sindir pengguna akun M Raymond Looi.

"Eh, ayah Anda menyebut tidak punya uang untuk bayar tagihan, lalu apa yang Anda lakukan di Rusia!? Ayah Anda menangis mengemis pertolongan untuk membayar tagihan. Kamu anak jahanam," komentar Chye Heng.
Sepekan sebelumnya, para pendukung sang ayah menggelar penggalangan dana US$156 ribu demi membantu eks orang nomor satu di Malaysia itu membayar jaminan hukumnya.

Dua pekan sebelumnya, kehidupan Nazifuddin yang glamor juga sempat memicu kritikan pedas netizen. Dia tepergok sedang berpesta makan malam mewah bersama aktris asal Taiwan, Celia Chang, di Taipei pada 5 Juli lalu.

Portal berita Taiwan, Apple Daily, juga melaporkan Nazifuddin dan Celia sempat terlihat menikmati spa di salah satu distrik perbelanjaan mewah dekat Taipei 101.

Juru bicara menegaskan hubungan Nazifuddin dan Celia hanya kerabat biasa. Jubir tersebut juga mengatakan saat itu aktris tersebut hanya menemani Nazifuddin selama berada di Taipei.

Keluarga Najib terus menjadi sorotan setelah PM periode 2008-2018 itu dituntut melanggar empat pasal, termasuk Undang-Undang Anti-Korupsi.

Dia didakwa korupsi lantaran menerima uang panas US14 juta dari SRC International, salah satu anak perusahaan 1MDB.

Sejak itu, Komisi Pencegahan Korupsi Malaysia (SPRM) membekukan ratusan rekening bank yang diduga terlibat 1MDB, termasuk rekening milik Najib dan keluarganya.

Najib mengaku mengetahui rekeningnya diblokir setelah dirinya tidak bisa mengeluarkan cek personal untuk membayar perawatan medis putrinya.

"Pihak berwenang perlu menyadari bahwa saya adalah warga biasa juga. Sebagai kepala rumah tangga, saya juga memiliki kewajiban membayar tagihan umum, medis, dan menjalankan rumah tangga," kata Najib melalui sebuah pernyataan pada pekan lalu.

Dalam kesempatan itu, Najib menganggap dirinya menjadi korban "tindakan kejam" rezim Malaysia saat ini yang diperintah rivalnya, Mahathir Mohamad. (has)