Kapal 'Duck Boat' Tenggelam di Danau Missouri, 11 Tewas

Natalia Santi, CNN Indonesia | Jumat, 20/07/2018 13:24 WIB
Kapal 'Duck Boat' Tenggelam di Danau Missouri, 11 Tewas Tim penyelamat mencari korban kapal wisata 'duck boat' yang tenggelam di Danau Table Rock, Branson, Missouri, AS. (SOUTHERN STONE COUNTY FIRE PROTECTION DISTRICT/Facebook/via REUTERS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sedikitnya 11 orang tewas tenggelam saat kapal amphibi wisata 'duck boat' tenggelam dihantam badai di sebuah danau di Missouri, Amerika Serikat, Kamis (19/7). Saat tenggelam kapal itu membawa 31 orang, termasuk anak-anak.

"Tujuh orang dilarikan ke rumah sakit menyusul insiden kapal wisata "Ride the Ducks" di Danau Table Rock, dekat Branson, Missouri," kata Sheriff Wilayah Stone, Doug Rader seperti dilansir kantor berita Reuters.

Sedikitnya 11 orang dipastikan tewas dalam insiden tersebut. Para penyelam menghentikan pencarian pada malam hari dan akan mulai kembali operasi pada Jumat pagi.


Unit tanggap darurat merespons insiden yang terjadi pada pukul 19 waktu setempat setelah kawasan itu dilanda badai.



Tayangan video yang diunggah para saksi memperlihatkan angin kencang menghempas dua kapal wisata 'duck boat'.

"Prioritas pertama kami adalah keluarga dan pegawai kami yang tertipa bencana tragis ini, saat ini kami membantu aparat yang terus melakukan operasi pencarian dan penyelamatan," kata Suzanne Smagala-Potts, juru bicara Ripley Entertainment, pengelola "Ride the Ducks" di Branson.

Dia tidak memastikan jumlah awak di atas kapal wisata tersebut. Pakar meteorologi CNN Taylor Ward melaporkan sejumlah kerusakan di wilayah itu akibat hempasan badai. Termasuk pohon-pohon tumpang dan bangunan rusak. Hembusan angin terkuat mencapai 63 mil per jam. Branson terletak di Barat Daya Missouri, sekitar 200 mil dari Kansas City.


Kapal wisata 'duck boat' biasa digunakan wisatawan untuk berkeliling dan menikmati pemandangan di seluruh dunia. Kapal ampibi atau bisa digunakan di darat dan air telah mengalami sejumlah insiden fatal dalam dua dekade terakhir.

Perusahaan pembuat kapal 'duck boat', Ride the Ducks International LLC, sepakat untuk membayar denda US$1juta (Rp14,5 miliar) setelah satu kapalnya bertabrakan dengan sebuah bus di Seattle dan menewaskan lima mahasiswa internasional pada 2016. Perusahaan mengaku telah melanggar aturan manufaktur kendaraan Amerika Serikat.

(nat)