Rouhani Peringatkan AS Bahaya Perang dengan Iran

CNN International, CNN Indonesia | Senin, 23/07/2018 11:04 WIB
Rouhani Peringatkan AS Bahaya Perang dengan Iran Presiden Hassan Rouhani memperingatkan Amerika Serikat soal bahaya perang dengan Iran. (REUTERS/Danish)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Hassan Rouhani memperingatkan Amerika Serikat bahwa perang dengan Iran bakal jadi "induk dari segala perang," meski tak menepikan kemungkinan kesepakatan damai.

Amerika "mesti paham bahwa perang dengan Iran adalah induk dari segala perang dan perdamaian adalah induk dari segala perdamaian," kata Rohani kepada para diplomat di Teheran, Minggu (22/7), sebagaimana dilaporkan IRNA dan dikutip CNN.
Pemimpin Iran juga menyampaikan pesan untuk Presiden AS Donald Trump: "jangan main-main dengan ekor singa, karena Anda akan menyesal selamanya."

Komentar itu dilontarkan beberapa bulan setelah pemerintahan Trump mengumumkan bahwa AS mundur dari kesepakatan nuklir yang disepakati di bawah pemerintahan Barack Obama. Keputusan itu sekaligus memberlakukan sanksi terhadap Iran yang rencananya dilakukan pada 4 November ini.


Kesepakatan 2015 antara Iran, AS dan sejumlah negara berpengaruh dunia, bertujuan untuk mengurangi sanksi terhadap Teheran dengan catatan pemerintah mesti membatasi program nuklirnya. Namun, bertentangan dengan negara-negara Eropa, Trump menyebut perjanjian itu merupakan suatu kegagalan.
"Jelas bagi saya bahwa kita tidak bisa mencegah keberadaan bom nuklir Iran di bawah struktur busuk kesepakatan yang berlaku saat ini," kata Trump, Mei lalu. "Kesepakatan Iran cacat sampai ke intinya. Jika kita tak melakukan apa-apa, kita tak tahu apa yang akan terjadi."

Bulan ini, AS dan Iran juga berselisih soal ekspor minyak. Seorang pejabat pemerintahan Trump berjanji menghabisi jumlah negara yang mengimpor minyak mentah dari Iran, memicu kemarahan dari negara tersebut.

(aal)