Penembakan Kanada, Belasan Luka dan Dua Tewas Termasuk Pelaku

Reuters, CNN Indonesia | Senin, 23/07/2018 14:00 WIB
Penembakan Kanada, Belasan Luka dan Dua Tewas Termasuk Pelaku Belasan orang, termasuk seorang anak perempuan, ditembak dekat pusat kota Toronto, Kanada. Dua orang tewas dalam insiden tersebut, termasuk pelaku. (REUTERS/Chris Helgren)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebanyak 14 orang, termasuk seorang anak perempuan, ditembak dekat pusat kota Toronto, Kanada. Dua orang tewas dalam insiden tersebut, termasuk pelaku.

Kepala Kepolisian Toronto Mark Saunders, dikutip Reuters pada Senin (23/7), mengatakan anak perempuan itu dalam keadaan kritis.
"Kami melihat semua kemungkinan motif ... dan tak menutup kemungkinan apapun," kata Saunders di lokasi.

Paramedis, pemadam kebakaran dan polisi berkumpul di tempat kejadian di timur Toronto. Lokasi itu dipenuhi banyak restoran, kafe dan tempat perbelanjaan populer.


Polisi mengatakan pelaku menggunakan pistol. Laporan sebelumnya menyebut sembilan orang menjadi korban perbuatannya.

Penembakan pertama kali dilaporkan di permukiman Greektown pada 22.00 waktu setempat, atau 9.00 WIB, kata laporan CityNews.com yang dikutip Reuters.
Situs berita itu melaporkan para saksi mendengar 25 tembakan.

Toronto tengah kesulitan menghadapi kekerasan dengan senjata api yang meningkat drastis tahun ini. Angka kematian meningkat 53 persen jadi 26 sejauh ini, sementara jumlah penembakan bertambah 13 persen.

Toronto mengerahkan sekitar 200 petugas polisi dari 20 Juli lalu, menanggapi serangkaian penembakan yang belakangan ini terjadi. Pemerintah kota menyebut hal ini berkaitan dengan kekerasan antar geng.

Wali Kota Toronto John Tory mengatakan kotanya mengalami masalah senjata api dan alat berbahaya itu terlalu mudah didapatkan banyak orang.


(aal)