Mantan Uskup Agung AS Mundur Terkait Kasus Pelecehan Seksual

Reuters, CNN Indonesia | Sabtu, 28/07/2018 19:03 WIB
Mantan Uskup Agung AS Mundur Terkait Kasus Pelecehan Seksual Kasus pelecehan seksual bukan pertama kali ini menimpa pejabat Vatikan. (Reuters/Tony Gentile)
Jakarta, CNN Indonesia -- Paus Fransiskus menerima pengunduran diri Kardinal Theodore McCarrick, mantan uskup agung Washington D.C, terkait dengan tudingan pelecehan seks terhadap remaja dan seminaris muda.

McCarrick merupakan salah satu figur paling penting dalam gereja Katolik Amerika Serikat. Skandal yang menimpanya membuat publik AS terhenyak karena ia merupakan orang yang dihormati oleh kyalayak luas, serta menjadi orang kepercayaan Paus dan para presiden AS.
Ia menjadi kardinal pertama yang kehilangan topi merah ketika masih hidup.

"Paus Fransiskus menerima pengunduran dirinya dari pejabat kardinal (Vatikan) dan memerintahkan penangguhan dirinya dari pelayanan publik, sekaligus kewajiban untuk tinggal di dalam rumah, hingga tudingan yang dituduhkan terhadapnya diperiksa dalam persidangan kanonik rutin," bunyi pernyataan Paus.


Bulan lalu, pejabat gereja Amerika menyatakan bahwa tudingan ia melakukan pelecehan seksual hampir 50 tahun lalu dinggap kredibel.
Sejak itu, beberapa pria muncul dan menuding McCarrick memaksa mereka untuk tidur dengannya di sebuah rumah di tepi pantai di New Jersey ketika mereka masih menjadi seminari muda.

McCarrick menyatakan dia "sama sekali tidak mengingat" tudingan pelecehan seorang remaja hampir 50 tahun lalu, namun tidak memberikan komentar apa pun terkait gelombang tudingan yang muncul setelah itu. (stu)