Kebakaran di California Meluas, Enam Orang Tewas

Reuters, CNN Indonesia | Senin, 30/07/2018 17:00 WIB
Kebakaran di California Meluas, Enam Orang Tewas Setidaknya enam orang tewas akibat kebakaran yang melalap kawasan utara California, Amerika Serikat, sejak pekan lalu. (Reuters/Bob Strong)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setidaknya enam orang tewas akibat kebakaran yang melalap kawasan utara California, Amerika Serikat, sejak pekan lalu.

Kepala kepolisian daerah Shasta, Tom Bosenko, mengatakan bahwa para korban tewas kebanyakan karena tak mematuhi perintah evakuasi.

Reuters melaporkan bahwa aparat memang sudah memerintahkan 38 ribu warga di sekitar daerah Redding untuk mengungsi.
Api mulai menjalar sejak Senin pekan lalu, ketika ada kesalahan mesin dari sebuah kendaraan. Api terus menyebar karena pemadam kebakaran dilaporkan lamban bergerak.


Bencana ini disebut sebagai salah satu kebakaran terparah dengan 90 titik api menyebar dari Texas hingga Oregon.

Selain menghancurkan 650 rumah, kebakaran ini juga menyebabkan 38.594 hektar lahan penuh tanaman menjadi kering.

Presiden Donald Trump pun mendeklarasikan situasi gawat darurat pada Sabtu lalu, mengizinkan dana federal untuk mengatasi bencana ini.
Lebih dari 3.500 personel pemadam kebakaran beserta satu skuadron pesawat pembawa air langsung mengitari sekitar lima persen perimeter titik bencana.

Bencana ini adalah salah satu dari 17 kebakaran besar yang melalap California belakangan ini. Jika ditotal, lahan California dari rangkaian kebakaran ini mencapai 80.937 hektar.

Secara keseluruhan, kebakaran menghanguskan sekitar 1,7 juta hektar di seluruh pelosok Amerika Serikat sepanjang tahun ini. (has/has)