Bom Meledak di Afghanistan, Komandan Milisi Anti-ISIS Tewas

Prima Gumilang, CNN Indonesia | Selasa, 31/07/2018 01:19 WIB
Bom Meledak di Afghanistan, Komandan Milisi Anti-ISIS Tewas Ilustrasi bom di Afghanistan. (REUTERS/Ahmad Nadeem)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bom bunuh diri di Provinsi Nangarhar, kawasan timur Afghanistan, menewaskan sedikitnya empat orang, Senin (30/7). Otoritas setempat mengatakan salah satu di antara korban adalah komandan milisi lokal yang dikenal sebagai penentang utama kelompok bersenjata ISIS.

Juru bicara pemerintahan provinsi setempat, Attaullah Khogyani mengatakan pelaku bom bunuh diri tampak sengaja menyasar Hayat Khan, tetua suku lokal dan seorang komandan milisi lokal di distrik Bahsood di Nangarhar.

"Haji Hayat Khan adalah tokoh tetua suku yang dihormati dan memainkan peran penting dalam peperangan melawan ISIS," kata seorang anggota dewan parlemen provinsi, Sohrab Qaderi, seperti dikutip Reuters.


"Dia adalah benteng yang kuat dalam menahan ekspansi ISIS di provinsi Nangarhar," ujarnya menambahkan.

Serangkaian serangan bersenjata mengacaukan Nagarhar, provinsi yang berbatasan langsung dengan Pakistan dan menjadi tempat kelahiran pertama ISIS di Afghanistan pada akhir 2014.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebelumnya mencatat jumlah warga sipil yang tewas di Afghanistan mencapai rekor pada paruh pertama tahun ini meski telah dilakukan gencatan senjata pada bulan lalu. Hal tersebut seiring melonjaknya serangan bunuh diri yang diklaim dilakukan ISIS.




(Reuters/pmg)