Narendra Modi dan Imran Khan Bahas Perdamaian Kawasan

Hanna Azarya Samosir, CNN Indonesia | Selasa, 31/07/2018 17:39 WIB
Narendra Modi dan Imran Khan Bahas Perdamaian Kawasan Meski belum ada hasil resmi, Imran Khan sudah mendeklarasikan kemenangan partainya, Tehreek-e-Insaf (PTI), dalam pemilu yang disebut sarat kecurangan itu. (Reuters/Athit Perawongmetha)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perdana Menteri India, Narendra Modi, membahas perdamaian kawasan ketika menelepon Imran Khan, pemimpin partai pemenang pemilihan umum Pakistan.

"[PM Modi] menyampaikan visi mengenai perdamaian dan pembangunan di sekitar negara tetangga," demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri India, sebagaimana dikutip The Straits Times.

Perbincangan ini dilakukan di tengah peningkatan ketegangan antara India dan Pakistan, terutama akibat baku tembak di perbatasan terkait perebutan wilayah Kashmir.
Partai tempat Khan bernaung, Tehreek-e-Insaf (PTI), menyatakan bahwa masalah antara kedua negara harus diselesaikan melalui perbincangan semacam ini.


"Perang dapat menimbulkan tragedi, bukan memfasilitasi resolusi konflik," ujar Khan sebagaimana dikutip dalam siaran pers PTI.

Tim media Khan menyatakan bahwa pembicaraan dengan Modi ini adalah hal vital bagi kedua negara untuk membebaskan jutaan masyarakat dari belenggu kemiskinan.

Meski belum ada hasil resmi, Khan sudah mendeklarasikan kemenangan partainya dalam pemilu yang disebut sarat kecurangan itu.
Pengamat dari Uni Eropa menyatakan ada kecurangan dalam pemilu yang menjegal langkah partai rival Khan, Nawaz Sharif. Amerika Serikat juga menyampaikan kekhawatiran mereka atas "kecurangan" pemilu di Pakistan ini.

Sejumlah analis bahkan menyebut demokrasi Pakistan terancam karena persekongkolan antara militer dan Khan. Namun, Khan dan militer membantah tudingan tersebut.

Khan sendiri sudah menawarkan penyelidikan khusus untuk memeriksa semua klaim kejanggalan tersebut. Ia juga berjanji membangun Pakistan baru yang meningkatkan taraf hidup rakyat miskin. (has/has)