Arnold Schwarzenegger Sebut Proposal Emisi Trump Bodoh

Riva Dessthania Suastha, CNN Indonesia | Jumat, 03/08/2018 20:58 WIB
Arnold Schwarzenegger Sebut Proposal Emisi Trump Bodoh Arnold Schwarzenegger, mengecam langkah Presiden Donald Trump yang menurunkan standar emisi. (REUTERS/Bobby Yip)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan Gubernur California sekaligus politikus Partai Republik, Arnold Schwarzenegger, menganggap langkah Presiden Donald Trump yang berencana merendahkan nilai standar emisi kendaraan adalah kebijakan yang bodoh.

Komentar itu diutarakan Schwarzenegger menyusul rencana Trump menangguhkan aturan yang mengharuskan produsen memproduksi mobil dengan bahan bakar lebih efisien dan ramah lingkungan.

Melalui kicauan di Twitter, Schwarzenegger mengambarkan proposal Trump tersebut sebagai "kebijakan konservatif bodoh dan palsu yang tidak seorang pun menginginkannya."


"Selama 48 tahun sejak pahlawan dan pendahulu saya Gubernur Ronald Reagan mengusulkan kebijakan emisi, California sudah memiliki kewenangan dari pemerintah federal untuk membersihkan udara kami sendiri [dengan kebijakan]," kata Schwarzenegger.


"Jika Presiden Trump berpikir dia bisa memenangkan pertarungan ini, dia sudah gila."

Selain membekukan pemberlakuan aturan standar emisi karbondioksida mobil penumpang dan truk ringan di 50 negara bagian, pemerintah federal AS juga mengusulkan penangguhan kebijakan Air Clean Act.

Padahal kebijakan ramah lingkungan itu telah diikuti California dan belasan negara bagian lainnya hingga bisa menekan sepertiga emisi kendaraan penumpang yang dijual di AS.

Selama puluhan tahun California telah memberlakukan kebijakan standar emisi sendiri menyusul peningkatan polusi udara yang terus mengkhawatirkan.

Pada 2007 lalu, pengadilan federal mengizinkan negara bagian itu membuat aturan emisi gas rumah kaca, terutama pengeluaran karbon dioksida.

Sementara itu, sejak kampanye pemilihan presiden 2016 lalu, Trump terus menunjukan sentimen negatif terhadap perubahan iklim.

Ketika berkuasa di Gedung Putih, Trump bahkan tak segan menghapus rencana aksi iklim AS tahun 2013 itu dan menarik AS keluar dari Perjanjian Paris soal perubahan iklim pada pertengahan 2017 lalu.



Presiden AS ke-45 itu menganggap perubahan iklim hanya tipuan belaka.

Selain Schwarzenegger, Gubernur California saat ini, Jerry Brown, juga mengecam rencana Trump menangguhkan kebijakan emisi tersebut.

Brown menganggap kebijakan itu sebagai suatu yang gegabah dan sembrono.

"Bagi Trump yang ingin menghancurkan kebijakan yang pertama kali digagas atas usulan Ronald Reagan pada lima dekade lalu adalah bentuk pengkhianatan dan ancaman terhadap kesehatan warga Amerika di seluruh penjuru negeri," tutur politikus Partai Demokrat itu seperti dikutip CNN.


(nat)