Operator Jembatan Genoa yang Roboh Dituding Bertanggung Jawab

Reuters, CNN Indonesia | Rabu, 15/08/2018 19:39 WIB
Operator Jembatan Genoa yang Roboh Dituding Bertanggung Jawab Jembatan jalan tol yang menghubungkan Genoa dan wilayah Perancis Selatan selesai dibangin pada 1968. (Reuters/Stefano Rellandini)
Jakarta, CNN Indonesia -- Petugas SAR masih mencari warga selamat di bawah reruntuhan jembatan jalan tol di Genoa yang roboh sementara para menteri mensasar operator jalan tol ini untuk membayar denda, memberi kompensasi dan konsesinya dicabut.

Menteri Transportasi Italia Danilo Toninelli, yang berkunjung ke lokasi, mengatakan operator jembatan Autostrade harus ikut menanggung biaya pembangunan kembali jembatan itu dan juga denda.

Namun Autostrade, anak perusahaan Atlantia group, mengatakan secara rutin melakukan pemeriksaan dengan sistem canggih pada struktur jembatansebelum bencana terjadi dengan menggunakan "perusahaan dan institusi kelas dunia dibidang uji coba dan pemeriksaan.


Perusahaan-perusahaan ini, menurut Autostrade, memberi hasil pemeriksaan yang meyakinkan terkait kualitas jembatan itu.
"Hasil pemeriksaan itu menjadi dasar pekerjaan perawatan yang telah disetujui Kementerian Transportasi sesuai dengan aturan dan kesepakatan konsesi," ujarnya.

Jembatan berusia 50 tahun yang merupakan bagian dari jalan tol penghubung kota Genoa dengan wilayah Perancis Selatan roboh pada Selasa sehingga mobil-mobil yang melintas jatuh ke bantaran sungai, rel kereta dan dua gudang.

Hingga kini 39 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka.

Beban Lalu Lintas

Konisi jembatan dan kemampuan menahan peningkatan intensitas dan beban lalu lintas yang besar selama beberapa tahun menjadi pusat perdebatan publik sejak kejadian pada Selasa (14/8) ini.

Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Dalam Negeri Matteo Salvini mengatakan perusahaan swasta yang menjadi operator jalan tol ini mendapat pemasukan berjumlah "miliaran" namun "tidak mengeluarkan pengeluaran seperti yang telah diatur", untuk itu konsesi mereka harus dicabut.
Dia merujuk pada Autostrade ketika mengeluarkan pernyataan tersebut.

"Menjatuhkan denda sebesar mungkin dan memastikan pihak yang bertanggung jawab atas korban jiwa dan luka untuk memberi ganti rugi dan pelanggaran kriminal adalah langkah minimal," ujarnya.
Operator Jembatan Genoa yang Roboh Dituding Bertanggung JawabPetugas pemadam kebakaran dan tim SAR terus mencari korban yang diperkirakan masih hidup di bawah reruntuhan jembatan tol Genoa yang roboh.  (Reuters/Stefano Rellandini)
Sementara itu juru bicara Dinas Pemadam Kebakaran Luca Cari mengatakan 400 pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi untuk mengangkat potongan beton berukuran besar agar ada ruang bagi tim penyelamatan memeriksa kemungkinan korban yang masih hidup. (yns/yns)