Italia Tetapkan Darurat Negara Usai Insiden Jembatan Ambruk

AFP, CNN Indonesia | Kamis, 16/08/2018 01:26 WIB
Italia Tetapkan Darurat Negara Usai Insiden Jembatan Ambruk Jembatan di Genoa, Italia, ambruk. (Local Team via Reuters TV/REUTERS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selepas insiden ambruknya jembatan di Kota Genoa, yang merenggut 39 nyawa, pemerintah Italia menetapkan status darurat negara. Kebijakan itu bakal diterapkan selama 12 bulan buat mengantisipasi kejadian serupa terulang.

"Rapat kabinet memutuskan menetapkan status darurat negara selama 12 bulan, dan mengalokasikan dana gawat darurat sebesar EUR7 juta (US$5,7 juta)," kata Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte, sebagaimana dilansir AFP, Kamis (16/8).

Conte menyatakan pemerintah Italia juga bakal membatalkan kontrak kerja sama dengan perusahaan Autostrade per l'Italia. Korporasi itu yang menjadi operator dan juga harus merawat jembatan yang ambruk itu.



Kabar itu juga dibenarkan oleh Menteri Perhubungan Danilo Torinelli dan Wakil Perdana Menteri Luigi Di Maio serta Matteo Salvini.

"Tragedi ini tidak bisa diterima di masyarakat modern, dan pemerintah akan melakukan apapun untuk mencegah kejadian serupa terulang," kata Conte.

Conte menyatakan bakal menetapkan insiden sebagai hari berkabung nasional. Dia juga menjamin pemerintah Italia bakal menanggung seluruh proses pemakaman korban meninggal.


Sampai saat ini pemerintah Italia terus melakukan proses evakuasi di lokasi kejadian. Mereka mengerahkan tim penyelamat yang bekerja siang malam. (ayp/ayp)