Operasi Pencarian Korban Jembatan Ambruk di Italia Disetop

Christine Novita Nababan, CNN Indonesia | Minggu, 19/08/2018 18:24 WIB
Operasi Pencarian Korban Jembatan Ambruk di Italia Disetop Operasi pencarian korban jembatan ambruk di Genoa, Italia, dihentikan setelah tiga jenazah terakhir berhasil ditemukan antara reruntuhan. (REUTERS/Stefano Rellandini).
Jakarta, CNN Indonesia -- Operasi pencarian korban jembatan ambruk di kota pelabuhan Genoa, Italia, dihentikan setelah tiga jenazah terakhir berhasil ditemukan di mobil yang hancur di antara reruntuhan. Secara total, pemerintah setempat merilis jumlah korban mencapai 43 orang.

Mengutip Reuters, Minggu (19/8), tiga jenazah terakhir ditemukan di dalam kendaraan yang terjun dan hancur terhempas patahan beton.

Saat ini, sembilan orang masih dalam perawatan rumah sakit, empat di antara korban itu diketahui dalam kondisi kritis.


"Sekarang kami bisa melanjutkan pekerjaan dengan penuh kepastian bahwa tidak ada lagi orang (korban) yang tersisa di bawah reruntuhan," ujar Stefano Zanut, pejabat pemadam kebakaran setempat kepada Sky TG24.

Namun demikian, ia melanjutkan, para pekerja masih mengamankan lokasi ambruknya jembatan tersebut, sembari membantu penyelidikan untuk mencari tahu penyebab bencana.


Jembatan yang ambruk merupakan bagian dari jalan raya A10 yang menghubungkan kota pelabuhan dengan perbatas Prancis di sebelah barat. Operator jembatan tol tersebut adalah Autostrade per I'Italia, unit usaha infrastruktur Atlantia (ATL MI).

Autostrade menjanjikan setengah miliar euro untuk membangun kembali jembatan dan menyiapkan dana bantuan kepada para korban dan keluarganya, termasuk untuk penduduk sekitar yang terpaksa mengungsi dari rumah mereka akibat bencana ini.

Pun demikian, Pemerintah Italia tetap meluncurkan prosedur untuk mencabut konsesi yang dipegang Autostrade untuk mengoperasikan jalan tol.


(bir)