Bertemu Jokowi, PM Korsel Puji Pembukaan Asian Games 2018

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Senin, 20/08/2018 18:35 WIB
Bertemu Jokowi, PM Korsel Puji Pembukaan Asian Games 2018 PM Korsel, Lee Nak-yeon, memuji upacara pembukaan Asian Games 2018 yang dianggap impresif. Pujian ini disampaikan langsung saat bertemu dengan Joko Widodo. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perdana Menteri Korea Selatan, Lee Nak-yeon, memuji upacara pembukaan Asian Games 2018 yang dianggap sangat impresif. Pujian ini disampaikan langsung saat Lee bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Senin (20/8).

"Salah satu yang disoroti secara khusus PM Korsel, yaitu mengenai pembukaan yang dinilai sangat impresif dan berhasil," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang mendampingi Jokowi dalam pertemuan tersebut.

Jokowi bahkan sempat menjadi trending topic mesin pencari Korea saat upacara pembukaan akhir pekan lalu. 
Selain itu, Lee menyoroti persatuan Korea Selatan dan Korea Utara dalam Asian Games 2018.


"Asian Games di Indonesia telah berhasil menjadi perekat persahabatan Korea Selatan dan Korea Utara. Ucapan terima kasih disampaikan khusus PM Korea Selatan," ucap Retno.

Korea Utara dan Korea Selatan yang bersatu dalam bendera Unifikasi Korea bakal mengikuti pertandingan tiga cabang olahraga yakni basket, dayung, dan kano.

Jokowi menyambut baik respons PM Lee. Ia berharap Asian Games 2018 dapat mempererat persahabatan Korea Selatan, Korea Utara, serta masyarakat di Asia. 
Dalam kesempatan itu, PM Lee juga menyinggung permasalahan di Semenanjung Korea. Ia mengapresiasi komitmen dan konsistensi Indonesia mendukung perdamaian, stabilitas, serta denukrilisasi. 

"Beliau sampaikan tidak banyak negara yang konsisten sampaikan pesan positif, dan Indonesia adalah pihak konsisten yang mendukung, berkontribusi, menciptakan perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea," ucap Retno. 

Selain berterima kasih, PM Lee juga menyampaikan belasungkawa terkait gempa yang berulang kali mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Beliau menyampaikan berduka cita dan simpati mendalam terhadap bencana di Lombok, itu di pembukaan saja," tuturnya. (has)