FOTO: Setahun Eksodus Etnis Rohingya

AFP, Reuters, CNN Indonesia | Sabtu, 25/08/2018 16:58 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Hari ini Sabtu (25/8) menandai setahun pengungsian besar-besaran etnis Rohingya ke Bangladesh karena operasi militer Myanmar.

Para pengungsi Rohingya menghadiri acara peringatan untuk mengingat satu tahun operasi militer di Myanmar hari ini tepat setahun lalu. (AFP/Dibyangshu Sarkar)
Operasi militer itu membuat setidaknya 700 ribu orang melarikan diri ke perbatasan Bangladesh, sementara jumlah korban tewas dilaporkan sedikitnya 25 ribu orang. (AFP/Dibyangshu Sarkar)
PBB menyebut peristiwa kekerasan ini sebagai upaya
Sejak saat itu, kemah-kemah kotor terus berdiri dan pendatang baru membuat jumlah pengungsi mendekati 1 juta orang.(Reuters/Mohammad Ponir Hossain)
Juni lalu, koalisi organisasi-organisasi asal Bangladesh mengirimkan serangkaian bukti kepada jaksa ICC berisikan dokumentasi penyiksaan, pemerkosaan, hingga pembunuhan oleh militer Myanmar terhadap Rohingya. (Reuters/Mohammad Ponir Hossain)
Agresi militer Myanmar tahun lalu di Rakhine awalnya dilakukan untuk menangkap kelompok militan yang dituding melakukan rangkaian serangan terhadap aparat keamanan Myanmar. (Reuters/Mohammad Ponir Hossain)
Alih-alih menangkap pelaku, militer diduga malah mengusir, menyiksa, membunuh, hingga memperkosa etnis Rohingya di wilayah itu. (Reuters/Mohammad Ponir Hossain)
Kini, pengungsi Rohingya berkumpul di Cox's Bazar, Bangladesh. Wilayah miskin itu tidak lama langsung menjadi penampungan buat pengungsian terbesar di dunia. (Reuters/Mohammad Ponir Hossain)
Hari ini, Sabtu (25/8), memperingati setahun eksodus, pengungsi Rohingya ikut serta dalam protes di kamp pengungsian Kutupalong, Cox's Bazar, Bangladesh. (Reuters/Mohammad Ponir Hossain)