Ucapan Duka untuk John McCain Mengalir dari Tokoh Politik AS

Agung Rahmadsyah, CNN Indonesia | Minggu, 26/08/2018 09:29 WIB
Ucapan Duka untuk John McCain Mengalir dari Tokoh Politik AS Senator Partai Republik Amerika Serikat, John McCain, meninggal dunia di usia 81 tahun. (Foto: REUTERS/Chris Wattie)
Jakarta, CNN Indonesia -- John McCain, Senator Partai Republik Amerika Serikat, meninggal dunia di usia 81 tahun setelah menderita glioblastoma, kanker otak yang agresif. Karena penyakitnya ini McCain sudah tidak pernah terlihat di Washington sejak awal 2018.

Pria yang sudah bergelut di Senat dan Dewan Perwakilan Rakyat AS selama kurang lebih 35 tahun ini memiliki banyak pengalaman berharga dalam hidupnya, termasuk keterlibatannya dalam perang Vietnam sebagai pilot pesawat tempur.

Tak heran ketika berita duka ini tersiar, banyak tokoh politik Amerika Serikat yang mengutarakan rasa kehilangannya.


"Simpati dan hormat saya kepada keluarga McCain, hati dan doa kami untukmu," ujar Presiden Amerika Serikat Donalad Trump, seperti yang dikutip dari CNN.com, Minggu (26/8).


Sementara itu, Melania Trump mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Senator McCain atas jasanya yang besar kepada negara Amerika Serikat.

Mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama, beserta istri juga menyampaikan rasa belasungkawanya.

Obama menuturkan ia dan McCain berasal dari generasi dan latar belakang yang berbeda, namun hal itu tidak menjadi halangan bagi mereka untuk berbagi demi kemaslahatan bangsa dan rakyat Amerika Serikat.

George W Bush, mantan presiden Amerika Serikat ke-43, juga mengucapkan rasa dukanya kepada keluarga Senator McCain.


"John McCain adalah sosok manusia yang teguh pada pendiriannya dan memiliki rasa nasionalisme yang tinggi. Bagi saya, McCain adalah seorang teman yang kini akan sangat saya rindukan. Saya dan Laura mengucapkan rasa simpati kepada seluruh keluarga McCain," imbuh Bush.

Tak ketinggalan, pendamping McCain dalam pemilu Amerika Serikat 2008 silam, Sarah Palin, juga menuturkan rasa kehilangannya. Sarah yang dipilih mendampingi McCain sebagai wakil presiden itu mengucapkan banyak pengalaman dan pelajaran berharga yang didapatnya dari McCain.

Bagi Sarah, McCain adalah sosok pejuang dan orang yang teguh mempertahankan prinsipnya. (agr/bir)