Menlu RI Sebut Mendiang John McCain Teman Baik Indonesia

Riva Dessthania Suastha, CNN Indonesia | Senin, 27/08/2018 10:16 WIB
Menlu RI Sebut Mendiang John McCain Teman Baik Indonesia Mendingan Senator Arizona John McCain disebut sebagai teman baik Indonesia. (REUTERS/Kevin Lamarque)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengucapkan belasungkawa atas wafatnya politikus terkemuka Amerika Serikat John McCain pada Minggu (26/8).

Melalui kicauannya di Twitter, Retno menyebut Senator Partai Republik asal Arizona itu sebagai negarawan yang baik sekaligus teman baik Indonesia.

"Belasungkawa saya yang terdalam atas meninggalnya Senator John McCain. Dia adalah negarawan besar, teman baik Indonesia," kata Retno.


"Senator John McCain melayani negara dengan keberanian dan kehormatan. RIP, Senator."

Pada Agustus 2014, McCain pernah berkunjung ke Jakarta. Saat itu, McCain bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, petinggi Dewan Perwakilan Rakyat, dan sejumlah pejabat lainnya.

McCain meninggal dunia di usia 81 tahun setelah menderita kanker otak glioblastoma sejak pertengahan 2017 lalu. Sejak itu, pria yang telah bergelut di Senat dan Dewan Perwakilan Rakyat AS selama lebih dari 35 tahun itu jarang terlihat lagi di Washington.

"Senator John Sidney McCain III meninggal pukul 04.28, 25 Agustus 2018, dia didampingi oleh isterinya Cindy dan sanak keluarga lain," ujar pernyataan tertulis kantor senator McCain.

"Ketika meninggal, dia telah mengabdikan diri bagi Amerika Serikat selama 60 tahun."



Selain kanker otak, McCain juga sempat menjalani operasi infeksi perut pada pertengahan April lalu.

Kantor McCain sebelumnya menyebutkan bahwa senator asal Arizona yang pernah berlaga di pilpres 2008 ini menghentikan segala bentuk pengobatan kanker otak tersebut.

[Gambas:Video CNN]

Dalam pilpres 2008, McCain berpasangan dengan cawapres Sarah Palin melawan Barack Obama dan Joe Bidden dari Partai Demokrat, namun kalah.

McCain terjun ke dunia politik setelah pensiun dari militer AS dan dia pernah menjadi tawanan perang setelah ditangkap oleh pasukan Vietnam Utara dalam perang Vietnam.

Kepergian McCain turut mengundang duka cita dari politikus hingga selebriti Negeri Paman Sam, serta kerabatnya di negara lain.

(nat)