Topan Jebi Diperkirakan Hantam Jepang Besok

Eka Santhika, CNN Indonesia | Senin, 03/09/2018 11:52 WIB
Topan Jebi Diperkirakan Hantam Jepang Besok Ilustrasi (Ke Zongqing/CNS via REUTERS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hari ini Jepang bersiap untuk kedatangan angin topan besar Jebi yang akan melanda wilayah itu. Diperkirakan topan ini akan menghantam Jepang besok, Selasa (4/9), di wilayah Osaka, kota kedua di Jepang.

Pekan lalu, topan Jebi terus menguat menjadi topan super. Tapi akhir pekan ini diprediksi topan tersebut telah melemah dan bergerak ke utara, menuju wilayah pulau-pulau di Jepang. Diperkirakan topan ini akan menjadi badai kategori 2 atau 1.

Dalam bahasa Korea, Jebi berarti menelan. Topan ini merupakan bagian dari serial serangan cuaca buruk yang terus melanda Jepang musim panas ini, seperti dijelaskan para ahli meteorologi.


Sebagian wilayah Jepang akan dilanda hujan deras hingga 300 milimeter selama 24 jam hingga Selasa pagi, seperti diungkap Badan Meteorologi Jepang. Begitu badai melanda daratan, diperkirakan angin kencang akan menghantam dengan kecepatan rata-rata mencapai 216 kilometer perjam.

Jepang telah dilanda cuaca buruk sejak awal Juli. Salah satunya adalah gelombang panas terburuk, disusul dengan banjir bandang dan tanah longsor.

Sebelumnya, Jepang bagian barat juga sudah sempat dilanda topan Cimarron. Topan ini melewati bagian barat Jepang sekitar dua minggu lalu, menghempaskan hujan deras di daratan Jepang sebelum akhirnya bergerak menuju laut. (eks/eks)