FOTO : Amerika Setop Bantuan untuk Pengungsi Palestina

REUTERS, CNN Indonesia | Senin, 03/09/2018 12:35 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- AS memutuskan menghentikan seluruh pendanaan bagi UNRWA, badan PBB yang membantu jutaan pengungsi Palestina.

AS memutuskan menghentikan seluruh pendanaan bagi UNRWA, badan PBB yang membantu jutaan pengungsi Palestina. (REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa)
Washington hingga tahun lalu merupakan pendonor terbesar UNRWA. (REUTERS/Abed Omar Qusini)
Langkah pemerintahan Presiden Donald Trump ini digambarkan sebagai
Amerika Serikat mendukung tuduhan Israel bahwa UNRWA membuat konflik Timur Tengah abadi dengan mempertahankan ide bahwa sebagian besar warga Palestina adalah pengungsi yang memiliki hak kembali ke rumah mereka yang kini menjadi Israel. (REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa)
UNRWA yang membantu lebih dari lima juta pengungsi Palestina yang terdaftar mengatakan harus menutup jaringan sekolah dan layanan kesehatan yang dioperasikannya. (REUTERS/Mohammed Salem)
Juru Bicara UNRWA Chris Gunnes mengatakan badan itu akan mencoba menutup kekurangan dana sebesar US$217 juta. (REUTERS/Mohammed Salem)
Yordania, satu dari dua negara Arab yang menandatangani kesepakatan damai dengan Israel, mengumumkan akan menyelenggarakan konferensi penggalangan dana di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB di New York bulan depan. (REUTERS/Mohammed Salem)
Menteri luar negeri Yordania menyuarakan kekecewaan negara itu atas keputusan AS dengan mengatakan bahwa Amman telah berusaha meyakinkan Washington untuk terus mendanai UNRWA. (REUTERS/Mohammed Salem)
Sekjen PBB Antonio Guterres mengatakan bahwa lembaga itu tetap berkeyakinan penuh dan meminta negara-negara lain menutupi dana yang ditarik Amerika sehingga UNRWA bisa terus memberikan bantuan. (REUTERS/Mohammed Salem)
Langkah keras Presiden AS Donald Trump menghentikan bantuan bagi Palestina lewat UNRWA dinilai akan menguntungkan kepentingan Israel tetapi berisiko mengancam upaya perdamaian yang didorong AS dan meningkatkan ketegangan di Timur Tengah. (REUTERS/Mohammed Salem)
Bagi Palestina langkah ini membuat impian mendirikan negara sendiri semakin jauh untuk diwujudkan. (REUTERS/Mohammed Salem)