Seorang Anak Tewas Akibat Badai Gordon Landa Pantai Barat AS

Ihsan Dalimunthe, CNN Indonesia | Rabu, 05/09/2018 23:40 WIB
Seorang Anak Tewas Akibat Badai Gordon Landa Pantai Barat AS Badai Gordon di AS. (@Saralina77/via REUTERS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pusat Badai Nasional Amerika Serikat (NHC) melaporkan seorang anak di Florida dilaporkan tewas akibat Badai Gordon yang menerjang perbatasan Alabama-Mississippi AS.

Mengutip Reuters, anak yang masih belum diketahui identitasnya itu disebut tewas di dalam mobil akibat tertimpa sebuah pohon.

"Seorang anak tak dikenal tewas ketika sebuah pohon jatuh di sebuah rumah 'mobile home' di Pensacola, Florida," demikian bunyi laporan kepolisian Wilayah Escambia, Rabu (5/9).


Badan Manajemen Darurat Mississippi menjelaskan badai sebetulnya tidak menimbulkan dampak kerusakan serius. Bencana tersebut dilaporkan hanya membuat beberapa pohon tumbang dan banjir ringan hingga berat di beberapak wilayah Dauphin Island, Alabama dan Jackson Mississippi.


Badai tropis Gordon dikabarkan melemah setelah menghantam wilayah dekat perbatasan antara Alabama dan Mississipi. Badai ini akan diikuti oleh hujan deras dan angin kencang yang mengguyur di pantai teluk AS.

NHC menyebut badai Gordon mulai bergerak ke arah barat menuju Mobile, Alabama dengan kecepatan 70 km per jam, pada Rabu (5/9). 

Kecepatan angin terburuk badai ini bisa mencapai 113 km per jam. NHC melaporkan bahwa pada rabu pagi, pusaran angin belum mencapai kecepatan 119 kilometer per jam. Ini adalah kecepatan angin minimal untuk mengubah status badai ini sebagai hurricane.

Gubernur Louisiana John Bel Edwards mengumumkan keadaan darurat, walaupun pesisir Louisiana tampak tenang pada Selasa malam (4/9). 

Dampak yang muncul adalah pengurangan produksi minyak dan gas dikurangi 9 persen setelah peringatan badai Gordon dikeluarkan. 


Anadarko Petroleum Corp, perusahaan minyak AS, telah mengevakuasi peperja dan menghentikan produksi pada dua anjungan minyak pada Senin (3/9).

Perusahaan minyak lain yang beroperasi sepanjang wilayah teluk pantai membatasi pergerakan karena mempersiap infrastruktur.

Teluk panda Meksiko menampung 17 persen perusahaan minyak bumi AS dan 5 persen gas alam seita gari, menurut Administrasi Informasi Energi Amerika Serikat. 

Penjaga Pantai mengatakan bahwa pelabuhan New Orleans, Gulfport, Pascagoula dan Mississippi harus ditutup selama 48 jam.

(DAL/DAL)