FOTO: Bungker, Pelindung Warga Idlib dari Perang Angker

Reuters, CNN Indonesia | Sabtu, 08/09/2018 16:24 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Bertahun-tahun hidup dirundung perang, warga Idlib, Suriah, sudah terbiasa berdiam di dalam bungker rumah demi melindungi diri dari sengit pertempuran.

Bertahun-tahun hidup dirundung perang, warga Idlib, Suriah, sudah terbiasa berdiam di dalam bungker rumah demi melindungi diri dari sengit pertempuran. (Reuters/Khalil Ashawi)
Ketika pertempuran antara pasukan pemerintah dan pemberontak memanas pada awal pekan ini, keluarga di Idlib pun dengan cekatan mempersiapkan bungker mereka, mengisinya dengan pasokan makanan dan pakaian yang cukup. (Reuters/Khalil Ashawi)
Sebagian keluarga sudah menggali sendiri bungker itu sejak 2012, saat perang mulai berkecamuk di Suriah. (Reuters/Khalil Ashawi)
Bungker itu kembali menjadi tempat mereka berlindung ketika satu jet pemerintah menembakkan gas sarin ke Khan Sheikhoun di Idlib, menewaskan lebih dari 80 warga sipil. (Reuters/Khalil Ashawi)
Tak mau kepanikan itu terulang, mereka bersiap. Seorang ayah terlihat menempelkan gelas kertas warna-warni berisi kapas dan arang ke wajah anaknya, kemudian membungkus kepala bocah itu dengan kantung plastik. (Reuters/Khalil Ashawi)
Ia kemudian tersenyum menatap anaknya yang kini sudah siap menghadapi segala kemungkinan keracunan zat kimia ketika pertempuran antara pasukan pemerintah dan pemberontak memanas. (Reuters/Khalil Ashawi)
Turki sebagai negara yang berbatasan langsung dengan Idlib, sebenarnya sudah menyiapkan pos-pos penampungan bagi warga Suriah. (Reuters/Khalil Ashawi)
Namun, para warga Idlib sudah putus harapan. Para warga tahu, jika mereka keluar dari rumah ketika bentrokan berlangsung, nyawa siapa pun bisa melayang. Idlib adalah rumah terakhir mereka. (Reuters/Khalil Ashawi)