Korban Tambah Jadi 37 Orang, Abe Datang ke Lokasi Gempa

AFP, CNN Indonesia | Minggu, 09/09/2018 15:52 WIB
Korban Tambah Jadi 37 Orang, Abe Datang ke Lokasi Gempa Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengunjungi lokasi gempa Jepang di wilayah utara Hokkaido pada Minggu (9/9). (Foto: AFP PHOTO / JIJI PRESS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengunjungi lokasi gempa Jepang di wilayah utara Hokkaido pada Minggu (9/9).

Dilansir dari AFP, Abe berkeliling kota Sapporo, di mana lokasi tersebut sempat mengalami guncangan gempa 6,6 SR pada Kamis lalu, (6/9).

Gempa tersebut telah membuat rumah-rumah miring dan jalan-jalan retak.
Abe dijadwalkan naik helikopter untuk melihat kehancuran akibat gempa di Atsuma, sebuah kota kecil yang telah menjadi saksi bisu sebagian besar kematian yang disebabkan oleh gempa.


Abe nantinya akan mengunjungi penduduk di tempat penampungan evakuasi di Atsuma sebelum bertemu dengan Gubernur Hokkaido Harumi Takahashi.

Kunjungannya datang ketika operasi pencarian dan penyelamatan berlanjut sepanjang waktu untuk menemukan dua orang yang hilang.
Pemerintah Hokkaido mengatakan jumlah korban tewas sekarang mencapai 37, dengan satu tubuh belum secara resmi dinyatakan meninggal oleh seorang profesional medis.

"Ada hujan yang turun di Atsuma. Tetapi pekerjaan mencari orang hilang terus berjalan," kata seorang pejabat manajemen bencana regional kepada AFP.

Pemerintah pusat telah mengirim ribuan pekerja penyelamat, termasuk Pasukan Bela Diri, untuk mencari pasangan yang hilang dengan bantuan buldoser, anjing pelacak dan helikopter.

Tiga juta rumah tangga di Hokkaido hancur akibat kekuatan gempa. Kejadian ini pun turut merusak sebuah pabrik panas yang memasok listrik ke wilayah tersebut.
Para pejabat daerah meminta para pelaku bisnis untuk tetap menghemat energi selama akhir pekan karena saat ini pasokan listrik wilayah tersebut belum stabil.

Jepang berada dalam lokasi cincin api di Pasifik di mana banyak gempa bumi di dunia dan letusan gunung berapi. (age/age)