FOTO: Ramai-ramai Protes Kebijakan Pensiun Vladimir Putin

Reuters & AFP, CNN Indonesia | Senin, 10/09/2018 11:31 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Ribuan orang di berbagai kota di Rusia ramai-ramai turun ke jalan dan memprotes kebijakan Vladimir Putin untuk menaikkan batas usia pensiun.

Ribuan demonstran di kota St. Petersburg, Rusia, menggelar aksi protes terhadap kebijakan pemerintahan Vladimir Putin menaikkan usia pensiun. (REUTERS/Anton Vaganov)
Aksi protes ini digagas oleh pihak oposisi pemerintah yaitu Alexander Navalny yang kini ditahan pemerintah Rusia. Dalam foto terlihat para demonstran menyuarakan sikap mereka di dekat patung sastrawan Rusia, Alexander Pushkin, di Moskow. (REUTERS/Grigory Dukor)
Moskow berencana secara bertahap menaikkan batas usia pensiun --wanita 60 tahun dan pria 65 tahun-- di tengah perekonomian negara yang sedang kesulitan akibat sanksi dari sejumlah negara Barat. Ini adalah kenaikan pertama dalam kurun 90 tahun terakhir. (REUTERS/Sergei Karpukhin)
Kebijakan kenaikan usia pensiun ini mendapat protes karena rendahnya harapan hidup warga Rusia yang tercatat hanya 65 tahun. Jika kebijakan diterapkan, maka rakyat Rusia semakin sukar menikmati dana pensiun. (AFP PHOTO / Vasily MAXIMOV)
Kebijakan ini pun memantik gelombang demonstrasi di berbagai kota Rusia pada Minggu (9/9), di antaranya di Moskow, St. Petersburg, Volga, serta Samara. (REUTERS/Anton Vaganov)
Aksi protes di berbagai kota ini pun sempat menimbulkan bentrok antara demonstran dan pihak kepolisian dan mengakibatkan sedikitnya 839 orang ditahan. Penangkapan terbanyak terjadi di St. Petersburg yaitu 354 ditahan. (REUTERS/Sergei Karpukhin)
Sejumlah foto unjuk rasa di St. Petersburg pun langsung viral di media sosial. Selain gambar polisi yang memukuli demonstran, foto polisi menangkap seorang bocah dan seorang pensiunan pun dengan cepat menyebar. (REUTERS/Sergei Karpukhin)
Meski dirundung banyak protes, popularitas presiden Vladimir Putin tetap tinggi, tapi Alexei Navalny mulai menyusul dengan keahliannya menggunakan media sosial dan kanal YouTube. (REUTERS/Anton Vaganov)
Pemerintah Putin sendiri mulai melunak dengan kebijakan usia pensiunnya setelah suara-suara protes menggelora di berbagai kota. Suara protes itu pun memicu seruan agar Putin mundur dari jabatannya. (AFP PHOTO / Olga MALTSEVA)
Kebijakan pensiun miik Putin ini dikeluarkan pada Juni lalu dan survei independen menunjukkan bahwa rencana itu ditolak 80 persen rakyat Rusia. Pada 2005, Putin pernah berjanji tidak akan pernah menaikkan batas usia pensiun. (REUTERS/Anton Vaganov)