Trump Terima Surat Kim Jong Un Terkait Denuklirisasi

Eka Santhika, CNN Indonesia | Selasa, 11/09/2018 05:49 WIB
Trump Terima Surat Kim Jong Un Terkait Denuklirisasi Presiden AS Donald Trump (REUTERS/Kevin Lamarque)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Donald Trump menyebut bahwa pihaknya mendapat surat bernada positif dari pimpinan Korea Utara, Kim Jong Un. Dalam surat itu, Korut meminta diadakannya pertemuan kedua, seperti disebutkan Gedung Putih, Senin (10/9). Pemerintah AS juga menyebut mereka tengah menyiapkan pertemuan lanjutan tersebut.

"Presiden telah menerima surat dari Kim Jong Un. Surat itu sangat hangat dan positif," jelas juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders.

Surat ini juga disebut Sanders menunjukkan komitmen Pyongyang untuk fokus pada isu denuklirisasi di wilayah Semenanjung Korea.


"Tujuan utama dari surat itu adalah untuk menjadwalkan pertemuan kembali dengan presiden. Kami sangat terbuka dan tengah dalam proses untuk melakukan koordinasi," tuturnya lagi, seperti dikutip AFP.

Sanders menambahkan bahwa surat itu adalah bukti kemajuan hubungan antara Washington dan Pyongyang.

Juni lalu, Kim dan Trump mengadakan pertemuan bersejarah di Singapura. Pertemuan ini menimbulkan harapan peningkatan terobosan terkait program nuklir Korut.

Negosiasi denuklirisasi Korut ini sempat menghadapi simpul mati setelah Menteri Luar Negeri AS membatalkan kunjungannya ke Korut akhir bulan lalu. Namun, adanya surat ini menunjukkan bahwa pembicaraan denuklirisasi itu tetap akan dilakukan setelah beberapa minggu mengalami kebuntuan.

"Kami pikir ini sangat penting dan kami lega sudah ada kemajuan," tambah Sanders. Ia pun menambahkan bahwa Trump berhak mendapat pengakuan atas keberhasilannya mengadakan pertemuan tersebut.

Gedung Putih telah menunjukkan serangkaian pencapaian dalam beberapa bulan terakhir. Mereka berhasil melakukan negosiasi untuk membebaskan sandera AS, penahannan uji coba rudal dan nuklir Korut, Korut juga tak menampilkan rudal antar benua dalam parade di hari kemerdekaannya.

Ketika ditanya apakah pertemuan lanjutan Kim-Trump akan dilaksanakan di Washington. Sanders menyebut akan memberikan detil lebih lanjut saat pihaknya sudah memiliki rincian. (eks/eks)