Evakuasi Badai Florence, Ribuan Mobil Padati Jalan Raya

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Rabu, 12/09/2018 18:06 WIB
Evakuasi Badai Florence, Ribuan Mobil Padati Jalan Raya Ribuan mobil berbaris di jalur keluar rute evakuasi di daerah sepanjang pesisir timur AS ketika penduduk bersiap menghadapi badai Florence. (@TrooperBob_SCHP/via Reuters)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ribuan mobil berbaris di jalur keluar rute evakuasi di daerah sepanjang pesisir timur Amerika Serikat ketika penduduk bersiap untuk menghadapi badai Florence, menimbulkan kemacetan akibat antrean mengular.

Kepadatan mulai terpantau pada Rabu (12/9), tak lama setelah pemerintah memerintahkan 1,5 juta warga keluar dari daerah yang berisiko terkena badai Florence, yaitu North Carolina, South Carolina, dan Virginia.

Jalur lalu lintas terpantau padat mulai dari kawasan pantai di interstate 40, rute utama yang menghubungkan kota pelabuhan Wilmington, North Carolina, dan pedalaman Raleigh.
Para pengendara motor pun melewati pedalaman karena otoritas memberlakukan sistem satu arah agar penduduk bisa melarikan diri dari peristiwa alam yang disebut oleh Gubernur North Carolina, Roy Cooper, sebagai "badai monster" itu.


Lalu lintas terlihat lancar di beberapa ruas jalan, tapi sempat tersendat karena ada beberapa tabrakan kecil.

Hanya sedikit kendaraan yang menuju ke arah berlawanan, termasuk truk pick-up yang membawa kayu dan bahan bangunan lainnya.
Antrean panjang juga mulai terlihat di pom bensin karena beberapa kendaraan mulai kehabisan bahan bakar.

Sebagian wilayah pantai timur juga bersiap untuk banjir bandang yang diduga tingginya lebih dari satu kaki dalam beberapa hari ke depan, ditambah dengan gelombang badai setinggi empat kaki.

[Gambas:Video CNN]

Angin kencang dengan kecepatan 225 kilometer per jam juga diperkirakan dapat menyebabkan kerusakan meluas ketika mengempas wilayah itu pada Kamis (13/9) malam waktu setempat.

"Gelombang dan angin badai ini tidak seperti yang Anda lihat. Bahkan jika anda pernah merasakan badai sebelumnya, yang ini berbeda. Jangan mempertaruhkan hidup anda dengan menunggangi monster," kata Cooper.

"Yang ini benar-benar membuat saya takut," kata Direktur National Hurricane Ceter (NHC), Ken Graham.

Donald Trump telah mengumumkan keadaan darurat untuk wilayah North Carolina, South Carolina, dan Virginia. Ia menyatakan pemerintah AS "benar-benar siap" untuk menghadapi Florence. (cin/has)