Amukan Badai Florence Sedikit Mereda

Eka Santhika, CNN Indonesia | Kamis, 13/09/2018 05:10 WIB
Amukan Badai Florence Sedikit Mereda Foto: NASA/Handout via REUTERS
Jakarta, CNN Indonesia -- Badai hurikan Florence mengecil menjadi kategori 3 dari total 5 skala perhitungan dan bergerak menjauh ke selatan, Rabu (12/9).

Kecepatan maksimal badai ini pun turun menjadi 201 kilometer perjam, dari 209 kilometer perjam. Berdasarkan perkiraan NHC (National Hurricane Center), badai ini akan menghantam Carolina Selatan pada Kamis atau Jumat pagi, seperti dikutip Reuters.


NHC memperkirakan badai ini akan mengakibatkan hujan lebat yang bisa mengakibatkan banjir di daratan Carolina Selatan hingga Virginia.


Jeff Byard dari Badan Manajemen Darurat Federal menyebut bahwa badai ini bisa membawa pukulan mematikan Mike Tyson ke daerah pantai. Byard memang dikneal sebagai mantan juara tinju.

Ia pun mengimbau agar warga memperhatikan peringatan yang diberikan. Gubernur lainnya, Roy Cooper memperingatkan bahwa puluhan ribu rumah dan bisnis bisa dibanjiri di Carolina Utara.

Sementara Gubernur Georgia Nathan Deal, khawatir badai akan membawa kehancuran di selatan. Sehingga ia mengeluarkan deklarasi darurat untuk semua 159 kabupaten di negaranya.

Warga pun telah bersiap untuk menghadapi badai. Para penduduk menutup jendela-jendela dengan kayu dan menumpuk karung-karung berisi pasir sebagai upaya antisipasi Badai Florence.

Air dan aliran listrik akan dimatikan di wilayah yang terdampak. Tapi diperkirakan ini tidak menghambat pergerakan penduduk.

Meski demikian, masih ada sejumlah warga di North Carolina yang enggan meninggalkan wilayah itu. Selain itu, sebanyak 1 juta orang diperintahkan untuk mengungsi.

[Gambas:Video CNN]
(eks/eks)