Kapal Selam Jepang Berlatih di Laut China Selatan

AFP, Reuters, CNN Indonesia | Senin, 17/09/2018 15:37 WIB
Kapal Selam Jepang Berlatih di Laut China Selatan Presiden China Xi Jinping melihat langsung latihan AL China di Laut China Selatan yang dipersengketakan banyak negara Asia. (Li Gang/Xinhua via Reuters)
Jakarta, CNN Indonesia -- Satu kapal selam milik Jepang untuk kali pertama bergabung dalam latihan militer di Laut China Selatan yang dipersengketakan dan langkah ini bisa memicu kemarahan China.

Juru bicara kementerian pertahanan Jepang mengatakan kapal selam Kuroshio, milik Pasukan Bela Diri Jepang, berlatih di Laut China Selatan pada Kamis (13/9) bersama kapal perang lain seperti kapal pengangkut helikopter Kaga. Kapal selam ini sedang melakukan perjalanan kunjungan ke Asia Tenggara dan Lautan India.

Juru bicara itu mengatakan bahwa keikutsertaan kapal selam Jepang dalam latihan di wilayah itu adalah yang pertama.


Latihan ini meliputi upaya kapal selam menghindari deteksi dan dilakukan jauh dari pulau buatan China yang menjadi pangkalan militer negara itu.

Koran Asahi sebelumnya melaporkan bahwa Pasukan AL Jepang melaksanakan latihan anti kapal selam yang meliputi latihan mendeteksi kapal selam musuh dengan alat sonar.

Namun, kegiatan ini masih akan membuat Bejing marah karena kapal selam berpotensi menjadi ancaman besar bagi kapal laut lain.

China mengklaim hampir seluruh wilayah Laut China Selatan yang kaya dan setiap tahun dilalui oleh kapal dagang dengan nilai US$5 triliun. Namun, klaim China ini dilawan dengan klaim serupa dari Brunei, Malaysia, Filipina, Taiwan dan Vietnam.

Ketegangan di kawasan meningkat sejak China merebut kumpulan pulau Scarborough dari Filipina pada 2012.

Latihan angkatan laut Jepang ini dilaksanakan setelah Inggris juga melakukan hal serupa dan diprotes keras oleh China. Negara ini mengirim jet tempur dan kapal angkatan lautnya ke lokasi kapal laut Inggris.

AL Amerika juga melakukan operasi serupa di Laut China Selatan. Washington mengatakan ingin agar lebih banyak negara menantang klaim China di wilayah itu.

Jet tempur dan kapal asing di wilayah itu secara rutin dicegat oleh kapal AL China dan juga diawasi oleh stasiun pengawas di pulau buatan China.

Beijing bersikeras bahwa kehadirannya di Laut China Selatan tidak mengancam negara lain.

Sementara itu, kapal selam Jepang ini akan berlabuh di Cam Ranh, Vietnam, yang bertujuan memperlihatkan kerja sama pertahanan antara Tokyo dan Hanoi.

Kunjungan kapal selam ke pelabuhan yang strategis ini adalah yang pertama sejak Perang Dunia II. (yns/yns)