Artis K-Pop Ikut Rombongan Presiden Korsel Temui Kim Jong-un

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 18/09/2018 12:38 WIB
Artis K-Pop Ikut Rombongan Presiden Korsel Temui Kim Jong-un Tak hanya pejabat tinggi, Presiden Moon Jae-in juga memboyong sejumlah pesohor Korsel dalam pertemuan dengan Kim Jong-un di Korut, Selasa (18/9). (Pyeongyang Press Corps/Pool via Reuters)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tak hanya pejabat tinggi pemerintahan, Presiden Moon Jae-in juga memboyong sejumlah pesohor Korea Selatan dalam pertemuan ketiganya dengan Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un, di Pyongyang, Selasa (18/9).

Beberapa bintang K-Pop seperti penyanyi rapper Zico, Ailee, dan Ali terlihat berada di Pangkalan Udara Seoul Seongnam, Provinsi Gyeonggi, bersama 200 delegasi lainnya pada Selasa pagi.

Kepala Sekretaris Kepresidenan, Im Jong-seok, mengatakan para musisi dan seniman Korsel ini diharapkan bisa semakin menghidupkan pertemuan tinggi inter-Korea hari ini.
Dikutip The Korean Herald, Zico terlihat menaiki pesawat kepresidenan dengan mengenakan setelan formal berwarna biru tua menyesuaikan acara yang bertema resmi, sementara Ailee mengenakan gaun biru.


Berbeda dengan Zico dan Ailee, Ali terlihat mengenakan setelan lebih kasual dengan jaket krem dan celana jinnya. Ini menjadi kali kedua bagi Ali tampil di Pyongyang.

Hingga kini belum ada konfirmasi lagu-lagu dan penampilan yang akan dipertunjukkan para musisi tersebut.
Tak hanya musisi dan selebriti, pesulap Choi Hyun juga ikut serta dalam rombongan presiden. Komposer Kim Hyeong-seok juga dikabarkan akan menyumbangkan keahliannya bermain piano dalam KTT inter-Korea ketiga hari ini dengan membawakan lagu "Arirang" dan "Our Wish is Reunification".

Korsel memang telah membentuk sebuah grup kesenian yang terdiri dari sejumlah musisi andalan mereka beberapa bulan setelah KTT inter-Korea perdana pada April lalu berlangsung.

Kelompok musisi ini diharapkan mampu membantu mempermudah penguatan relasi antara Seoul-Pyongyang melalui kesenian dan budaya.
Beberapa nama besar lain seperti penyanyi Cho Yong-pil, Lee Sun-hee, dan Baek Ji-young, band rock YB, dan K-pop Star binaan SM Entertainment, Red Velvet, masuk dalam kelompok musisi tersebut.

Selain pejabat negara dan seniman, Moon tak lupa memboyong sejumlah konglomerat bisnis di Korsel seperti Wakil Ketua Samsung Electronics Lee Jae-young, Pemimpin SK Group Chey Tae-won, dan Ketua LG Group Koo Kwang-mo dalam lawatan perdananya ke Korut ini.

[Gambas:Video CNN]

Relasi kedua negara memang mulai erat kembali setelah Kim dan Moon bertemu untuk pertama kalinya di zona demiliterisasi pada April lalu.

Salah satu agenda penting dalam pertemuan ini adalah deklarasi damai kedua negara yang sebenarnya masih dalam status berperang karena Perang Korea 1950-1953 silam berakhir dengan gencatan senjata, bukan perjanjian perdamaian.

Setelah itu, kedua negara bisa membicarakan unifikasi yang sebenarnya sudah digaungkan sejak berpuluh tahun lalu. Isu denuklirisasi juga tak luput dari pembahasan kedua pemimpin hari ini. (rds/has)