Gereja Katolik Bayar Jutaan Dolar ke Korban Pelecehan Seksual

AFP, CNN Indonesia | Rabu, 19/09/2018 15:22 WIB
Gereja Katolik Bayar Jutaan Dolar ke Korban Pelecehan Seksual Gereja Katolik di Amerika Serikat dilanda tuduhan skandal pelecehan seksual anak-anak oleh pastor (Ilustrasi gereja Katolik/Reuters/Damir Sagolj)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gereja Katolik New York Amerika Serikat mencapai kesepakatan membayar ganti rugi US$27,5 juta kepada empat orang yang mengatakan menjadi korban pelecehan seksual ketika masih anak-anak.

Pengacara keempat pria ini mengatakan bahwa keuskupan Brooklyn di New York sepakat untuk memberi ganti rugi karena mereka menjadi korban pelecehan seksual guru agama mereka antara 2003 dan 2009.

Masing-masing korban akan menerima US$6,87 juta yang berusia antara delapan dan 12 tahun ketika dilecehkan oleh guru mereka.


"Ini merupakan ganti rugi terbesar yang pernah diberikan kepada individu korban," kata Ben Rubinowitz, salah seorang pengacara korban, Selasa (18/9).

"Kami gembira gereja akhirnya dimintai pertanggungjawaban. Pelecehan terjadi selama berbulan-bulan, bahkan ada yang mengalami selama bertahun-tahun."

Para pejabat gereja ini belum memberi tanggapan atas keputusan itu. Tetapi pembayaran ganti rugi ini mengakhiri langkah hukum yang diajukan keempat korban yang dijadwalkan mulai disidangkan awal 2019.

Langkah hukum itu diajukan pada 2012 setelah guru agama mereka bernama Angelo Serrano, kini 67 tahun, ditangkap pada 2009 karena melecehkan seorang anak. Dia mengaku bersalah atas tuduhan itu pada 2011 dan dihukum 15 tahun penjara.

Rubinowitz mengatakan, keuskupan sepakat membayar ganti rugi untuk menjauhkan diri dari Serrano yang merupakan pegawai paroki kecil bernama St Lucy-St Patrick tetapi dia bukan pastur.

Seorang pastor yang juga disebut namanya sebagai tertuduh dalam berkas hukum pengaduan keempat orang itu dan mengaku pernah melihat Serrano mencium bibir seoran ganak, tetapi tidak pernah melaporkan aksi pelecehan itu.

"Mereka memutuskan untuk membayar dari pada menjalani sidang pengadilan," kata Peter Saghir, seorang pengacara lain.

Situs BishopAccountability.org menyebutkan bahwa rekor pembayaran ganti rugi perorangan sebelumnya berjumlah US$3,4 juta dan dibayarkan kepada dua orang korban pelaku pelecehan seksual bernama Matthey Maiello dari New York.

Langkah pembayaran ganti rugi ini terjadi ketika sejumlah negara bagian yang khawatir dengan laporan terkait pelecehan seksual anak oleh 300 pastor Katolik di negara bagian Pennsylvania, sedang melakukan penyelidikan atas kemungkinan hal itu terjadi di wilayah mereka.

Gereja Katolik juga dihantam dengan pengunduran diri Kardinal AS Theodore McCarrick yang merupakan mantan uskup Washington yang berpengaruh.

Dia dituduh melakukan pelecehan seksual kepada seoran remaja ketika masih bekerja sebagai pastor di New York pada 1970-an. (yns/yns)