FOTO: Wujudkan Mimpi, Moon Daki Gunung dengan Kim Jong-un

Reuters, CNN Indonesia | Kamis, 20/09/2018 18:32 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, mewujudkan mimpi nomor satunya setelah ia berhasil mendaki gunung Paektu di Korea Utara bersama Kim Jong-un.

Mimpi nomor satu presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, akhirnya terwujud setelah ia berhasil mendaki gunung Paektu di Korea Utara bersama Kim Jong-un. (Pyeongyang Press Corps/Pool via Reuters)
Sebagai orang dengan mendaki gunung dan sudah dua kali menaklukkan Gunung Himalaya, Moon mengaku sudah sejak lama bermimpi menjajaki Gunung Paektu yang terletak di perbatasan dengan China. (Pyeongyang Press Corps/Pool via Reuters)
Pendakian ini dianggap semakin istimewa karena dilakukan sebagai penutupan lawatan tiga hari Moon ke Korut, di mana ia dan Kim membicarakan prospek perdamaian dan perlucutan senjata nuklir di Semenanjung Korea. (Pyeongyang Press Corps/Pool via Reuters)
Ketika Moon tiba di bandara dekat gunung tersebut, sekitar 1.000 warga Korut menyambut sambil melambai-lambaikan bunga mawar dan berteriak Tanah Air! Unifikasi!
Moon dan Kim kemudian menggunakan kereta gantung menuju Danau Surga, sebuah kaldera di puncak gunung. (Pyeongyang Press Corps/Pool via Reuters)
Bersama istri mereka, Kim dan Moon berjalan mengitari daerah itu dan berfoto bersama. Moon bahkan sempat mengisi botol minumnya dengan air dari danau tersebut. (Pyeongyang Press Corps/Pool via Reuters)
Beberapa pejabat senior Korsel yang menemani Moon menyarankan untuk mengajak Kim dan istrinya ke Gunung Halla, dataran tertinggi dan tempat wisata indah di negara mereka. (Pyeongyang Press Corps/Pool via Reuters)
Setelah pertemuan hari kedua kemarin, Rabu (19/9), Kim mengatakan akan mengunjungi Seoul dalam waktu dekat. Jika terwujud, itu akan menjadi perjalanan pertama seorang pemimpin Korut ke ibu kota Korsel.